Follow Us

Allo and Duo: Duet Aplikasi Chat dan Video Call Terbaru dari Google

Bagus Hernawan - Kamis, 19 Mei 2016 | 15:17
Allo and Duo: Duet Aplikasi Chat dan Video Call Terbaru dari Google

Google dalam gelaran acara Google I/O 2016 mengenalkan 2 aplikasi baru untuk kamu yang sering bersosialisasi lewat berkirim pesan dan video. Menggunakan nama Allo (aplikasi chatting) dan Duo (aplikasi video calling), keduanya punya beragam hal menarik dan harus segera kamu coba jika sudah tersedia dalam waktu dekat ini. Yuk kita intip penjelasan setiap aplikasinya!

Allo – Kirim Pesan dan Fitur Deteksi Cerdas

Allo adalah aplikagi messaging yang dibuat Google dengan basis nomor telepon di ponsel kamu. Pengguna tinggal instal aplikasi ini dan menyapa teman atau kerabat yang sudah menginstalnya juga. Kelebihan utama Allo adalah mendukung maching learning.

Salah satu contoh adalah metode Smart Reply yang sebelumnya ada di Inbox by Gmail. Fitur ini akan membuat pengguna bisa membalas pesan yang masuk tanpa mengetik. Ya, Allo akan memberikan prediksi jawaban berdasarkan pesan atau gambar yang kamu terima. Misalkan ketika teman kamu mengirim gambar makanan, kamu dapat menekan 2 pilihan jawaban seperti mengatakann itu adalah makanan yang enak atau hal lainnya.

Fitur lainnya adalah integrasi dengan Google Assistant. Bagian ini dapat membantu kamu melakukan banyak hal tanpa meninggalkan sesi diskusi atau chat bersama teman atau grup. Misalkan melihat peta, mencari restoran favorit atau mengecek kalendar dengan cepat atau membuka video YouTube yang ingin ditonton bersama teman kamu!


Baca Juga:

Duo – Video Call dengan Kejutan dan Enkripsi Aman

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Sama halnya dengan Allo, Duo juga menggunakan nomor telepon kamu sebagai ID. Hal paling unik pada Duo adalah mode Knock Knock, yaitu menampilkan video sebelum teman kamu menerima panggilan. Hal ini bisa kamu gunakan untuk membuat teman kamu lebih semangat menerima panggilan atau pembuka topik obrolan dan diskusi dengan teknologi panggilan video.

Google juga mengklaim Duo dapat digunakan pada koneksi internet yang kurang stabil. Bahkan ada mode pengaturan dan informasi yang jelas mengenai jenis koneksi panggilan video (resolusi hingga 720p) yang kamu gunakan – apakah dari Cellular Data atau Wi-Fi. Catatan terakhir yang diberikan Google mengenai Duo adalah layanan ini sudah menggunakan teknologi end-to-end encryption – jadi kamu tidak perlu khawatir akan masalah privasi pengguna.

Sudah Gak Sabar ingin Mencoba Allo dan Duo?

Dari laman catatannya, Allo dan Duo akan segera tersedia untuk pengguna perangkat iOS dan Android di musim panas tahun ini. Ya, sekitar bulan Juni atau Juli nanti – tidak lama lagi! Kita tunggu ya kehadiran sepasang aplikasi chat dan video call ini bersama-sama.


Review Google Spaces, Diskusi Topik Favorit dan Fokus di Grup

[source site_name = “Google” site_url = “https://googleblog.blogspot.co.id/2016/05/allo-duo-apps-messaging-video.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest