Follow Us

(Foto) Konsep iMessage di iOS 10 dengan Beragam Fitur Tambahan

Bagus Hernawan - Senin, 23 Mei 2016 | 10:53
(Foto) Konsep iMessage di iOS 10 dengan Beragam Fitur Tambahan

Apple mengenalkan iMessage sebagai platform messenger bagi pengguna perangkat iOS di tahun 2011. Awalnya iMessage hadir sebagai aplikasi chat yang gratis, aman, lengkap dan mendukung sinkronisasi dengan beragam perangkat iOS. Kini 5 tahun setelah itu, hampir semua aplikasi chat dari pihak lain menawarkan hal serupa. Lantas, apa yang akan dihadirkan oleh Apple pada iMessage di iOS 10?

Andre Plaut, Product Lead dari General Assembly membagikan beberapa foto dan konsep iMessage yang menurutnya sangat menarik dan harusnya fitur ini segera diberikan oleh Apple. Apa saja detail infonya? Yuk cek!

Rich Media dan Preview Tautan

Banyak dari pengguna iMessage yang sering berbagi tautan ke sebuah website, hal ini yang membuat fitur Rich Media ngetop di beragam aplikasi chat – Telegram, LINE atau beragam hal lainnya. Andre Plaut membuat konsep tampilan untuk mode memutar musik yang dibagikan langsung oleh teman kamu, preview dari tautan atau jadwal kegiatan dari fitur Calendar yang dikirim.

Masih dari fitur Rich Media, di sisi pengirim pesan akan ada tampilan dengan ikon + yang berisi beberapa fitur untuk membagikan dokumen multimedia. Seperti tautan, kontak, location, musik dan beragam hal lainnya.

Apple Pay dari iMessage

Konsep berikutnya adalah Apple Pay dari iMessage yaitu fitur mengirim uang secara online dan tentunya dengan sekuritas Apple Pay. Pengguna tinggal menekan ikon + dan pilih log $ untuk masuk ke mode input nominal dan subjek untuk pembayaran yang akan dilakukan. Setelah itu gunakan sensor sidik jari Touch ID untuk verifikasi data kamu.


Baca Juga:

Beragam Ide Lain yang Sudah Harus Ditambahkan Apple

Masih ada beberapa ide lain yang sebetulnya sudah tersedia di aplikasi chat lain. Seperti mode mengetik dengan format teks – huruf tebal, miring dan garis bawah, predictive emoji auto-complete dan beragam hal lainnya.

Catatan terakhir adalah konsep untuk membagikan akses iMessage pada para pengembang supaya dapat memberikan integrasi aplikasinya. Mungkin mirip dengan Telegram Bot atau Slack yang dapat ditambahkan fitur dan plugin mengenai informasi cuaca, rekomendasi tempat menarik, info olahraga dan beragam hal lainnya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai ide konsep dari Andre Plaut untuk iMessage di iOS 10? Bagi saya beberapa hal memang sangat menarik dan harusnya segera diberikan oleh Apple, namun sisanya (mode iMessage dan plugin dari pengembang) rasanya tidak akan dilakukan oleh Apple – paling tidak dalam waktu dekat. Bagikan pendapat kamu di kolom komentar ya!

[source site_name = “Andre Plaut” site_url = “https://medium.com/@andreplaut/ios-10-concept-imessage-30b3defc850d#.rtajuhdl7”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest