Follow Us

Apple Buka Program Penukaran iPad dengan MacBook Gratis di Sekolah AS

Andri Alfansyah - Senin, 23 Mei 2016 | 18:07
Apple Buka Program Penukaran iPad dengan MacBook Gratis di Sekolah AS

Apple dikabarkan bakal membuka program penukaran perangkat iPad dengan komputer MacBook buat sekolah-sekolah yang ada di Maine, salah satu negara bagian Amerika Serikat.

Dilansir dari Lewiston-Auburn Sun Journal (via MacRumors), para pelajar dan guru yang ada di sekolah Auburns dan kawasan lain di Maine dapat menukarkan perangkat iPad miliknya dengan MacBook tanpa dipungut biaya tambahan.

Penukaran perangkat iPad dengan komputer MacBook hadir menyusul temuan dari hasil survey terbaru yang menyatakan mayoritas guru dan pelajar di Maine lebih menyukai menggunakan MacBook ketimbang iPad.

Dari survey yang dilakukan terhadap guru dan pelajar kelas 7–12, ditemukan sebanyak 88,5 persen guru 74 persen pelajar memilih MacBook ketimbang iPad untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya.

“The results are pretty darn clear,” said Auburn School Department Technology Director Peter Robinson, who conducted the survey. “The findings made the decision for us.” Robinson said that three years ago, after seeing success with iPads in primary grades, he thought iPads were absolutely the right choice, but now he realized iPads have shortcomings for older students.

Bagi pelajar khususnya yang duduk di kelas lebih tinggi, MacBook dinilai sebagai perangkat yang tepat untuk menyelesaikan tugas sekolah karena memberikan kesempatan lebih baik ketimbang iPad.

Sedangkan iPad dinilai sangat tidak cocok digunakan di dalam ruangan kelas karena sebagian besar pelajar disebutkan kerap menggunakan untuk mendapatkan hiburan semata, seperti bermain games.


Baca juga:


Dalam program penukaran perangkat iPad dan MacBook ini, Apple sudah bekerjasama dengan Maine Department of Education. Program ini sendiri berlaku untuk komputer kelas 7 dan 8 karena pemerintah negara bagian yang membayarnya sebesar $254 per perangkat per siswa.

Adapun harga MacBook baru buat satu orang pelajar disebutkan sebesar $217 per tahunnya untuk tahun ajaran 2016–2017 dan meningkat menjadi $248 per pelajar per tahun di tahun setelahnya.

Apple menurut rencana bakal mengirimkan 1.718 MacBook musim gugur nanti sebagai ganti dari perangkat iPad yang sudah dikembalikan ke ekolah Auburn dan Edward Little High School.

Penggunaan iPad oleh pelajar di ruang kelas sebenarnya bisa lebih baik jika guru-guru mendapatkan pelatihan yang memadai. Apalagi Apple belum lama ini sudah memperkenalkan aplikasi Classroom, fitur kelola Apple ID, mode admin Apple School Manager di iOS 9.3.

[source site_name = “MacRumors” site_url = “http://www.macrumors.com/2016/05/23/apple-replace-ipads-macbooks-classrooms/?utm_source=osx&utm_medium=push&utm_campaign=mac”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest