Follow Us

Apple Siapkan Teknologi Kecerdasan Lebih Canggih untuk Siri

Andri Alfansyah - Senin, 30 Mei 2016 | 13:16
Apple Siapkan Teknologi Kecerdasan Lebih Canggih untuk Siri

Apple dikabarkan sedang menggarap sebuah teknologi kecerdasan buatan baru yang diklaim jauh lebih baik daripada teknologi kecerdasan yang serupa besutan Google, Amazon, dan Microsoft.

Sebagaimana dilansir Tech Insider, teknologi kecerdasan tersebut berasal dari VocalIQ, yaitu perusahaan startup teknologi pengenalan suara cerdas yang diakuisisi Apple pada tahun lalu.

Apple disebut-sebut bakal mengintegrasikan teknologi kecerdasan buatan dari VocalIQ tersebut ke dalam asisten pribadi Siri yang sudah lama hadir di perangkat iOS, Apple Watch, dan Apple TV.

According to a source familiar with VocalIQ’s product, it’s much more robust and capable than Siri’s biggest competitors like Google Now, Amazon’s Alexa, and Microsoft’s Cortana. In fact, it was so impressive that Apple bought VocalIQ before the company could finish and release its smartphone app. After the acquisition, Apple kept most of the VocalIQ team and let them work out of their Cambridge office and integrate the product into Siri.

Teknologi kecerdasan buatan besutan VocalIQ dinilai jauh lebih baik ketimbang teknologi serupa yang lain dari pesaing Siri, yaitu Google Now, Amazon Alexa, dan Microsoft Cortana.

Dalam uji komparasinya jauh sebelum diakuisisi Apple, VocalIQ mencatat bahwa teknologi kecerdasan buatannya memiliki tingkat keberhasilan paling tinggi dibandingkan dengan teknologi yang sama besutan para pesaingnya, termasuk Siri.

Dengan pertanyaan sederhana seperti “Cari restoran China dengan parkiran terbuka dan Wi-Fi yang aman bagi anak” buat pengujiannya, teknologi kecerdasan VocalIQ mampu meraih tingkat keakuratan mencapai 90 persen.


Baca juga:


Sedangkan tingkat keakuratan jawaban Siri, Google Now, dan Cortana terhadap pertanyaan yang sama tercatat hanya 20 persen saja.

Hanya dengan merekam sebanyak 10.000 dialog, VocalIQ disebutkan bisa lebih akurat dalam menjawab pertanyaan pengguna daripada Siri yang saat ini menangani satu milyar pertanyaan per minggunya.

Hal menarik lain dari teknologi VocalIQ adalah kemampuannya untuk mengingat konteks selamanya sebagaimana manusia. Selain itu, teknologinya juga mampu menyaring bising dan beradaptasi dengan aksen setiap waktu.

Apple sendiri saat ini sedang menyiapkan Siri untuk bisa mendukung perangkat speaker cerdas yang mampu bersaing dengan Google Home dan Amazon Echo. Mereka kabarnya bakal memperkenalkannya di WWDC bulan depan.

[source site_name = “Tech Insider” site_url = “http://www.techinsider.io/how-apples-vocaliq-ai-works-2016-5”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest