Follow Us

Ambil Games Tanpa DRM dari Steam Lewat GOG Connect, Gratis!

Alexius Aditya - Jumat, 10 Juni 2016 | 21:33
Ambil Games Tanpa DRM dari Steam Lewat GOG Connect, Gratis!

Karena biasanya kita membicarakan tentang game untuk iOS, sekarang waktunya kita berbelok sedikit, bicara tentang perkembangan yang ada pada platform lain, tepatnya game untuk Mac dan PC. Sebagai sedikit variasi informasi dari yang biasanya kalian dapatkan, dan tentunya agar kalian sebagai para gamer tidak ketinggalan juga dengan berita hangat yang terjadi pada saat ini di platform yang lain.

Steam Sebagai Platform Hiburan Utama Saat Ini

Bagi kalian yang mungkin tidak hanya bermain game di iOS saja, tetapi juga lewat PC, pasti sudah tahu dong tentang Steam. Steam adalah sebuah entertainment platform atau platform hiburan sebagai tempat distribusi konten digital. Konten digital memang bermacam-macam, tapi dalam kasus ini, konten digital yang saya maksudkan adalah berupa game. Platform hiburan yang satu ini dikembangkan oleh Valve, yang menawarkan Digital Rights Management (DRM), dukungan multiplayer, dan sekaligus sosial media miliknya untuk digunakan di game milik para pengembang game tersebut.

Steam dipilih oleh banyak pengembang dan gamer karena Steam adalah satu platform hiburan yang menyediakan judul game dengan jumlah terbesar saat ini. Dengan begitu, para pengembang game PC pasti akan memilih untuk bekerja-sama dengan Valve untuk dapat menjual game miliknya di Steam. Alasannya jelas, semakin banyak pengguna maka semakin banyak pula calon pembeli.

Tapi jangan salah, bukan para pengembang game saja yang mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Steam sebagai platform hiburan favoritnya. Para gamer pun mendapatkan banyak keuntungan. Dengan adanya Steam, mereka bisa membeli, bermain bersama dengan teman, dan bahkan membuat konten miliknya sendiri untuk digunakan banyak orang di satu tempat, yaitu Steam sendiri. Itulah beberapa alasan yang membuat Steam menjadi sebuah tempat distribusi game terbesar saat ini.

Platform Hiburan Lainnya Dan Kebijakan DRM

Satu hal lain yang perlu kalian ketahui sebagai gamer adalah bahwa Steam bukanlah satu-satunya platform hiburan yang menjadi tempat distribusi game. Masih ada platform lain yang menjadi saingan dari Steam, sebut saja Origin milik Electronic Arts, Uplay milik Ubisoft, Battle.Net milik Blizzard, dan tidak ketinggalan GOG.com dan Humble Store. Setiap platform yang telah saya sebutkan tadi memiliki jumlah game yang berbeda. Bahkan beberapa dari mereka hanya menjual secara eksklusif game milik pengembang tertentu saja. Tidak hanya itu, setiap platform tersebut juga memiliki kebijakan DRM miliknya sendiri.

Dari beberapa platform hiburan diatas, GOG.com dan Humble Store adalah dua yang berbeda dari kebanyakan platform hiburan lainnya. Mereka justru memilih untuk menjual game tanpa kebijakan DRM sama sekali. GOG.com misalnya, mereka menawarkan kepada para gamer untuk dapat mengunduh dan memainkan game yang telah dibeli secara DRM-free.

Artinya, gamer yang sudah membeli game dari GOG.com boleh mengunduh dan bermain secara bebas tanpa harus dipusingkan dengan berbagai kebijakan DRM, seperti harus registrasi ulang, dua autentifikasi berbeda, koneksi internet yang konstan, dan sebagainya. Atau dengan kata lain, game yang dibeli di GOG.com akan menjadi game milik kalian pribadi. Dan kalian bisa secara bebas mengunduh dan memainkannya kapan pun kalian mau.

Perkenalkan, GOG Connect!

Kemarin, tepatnya pada tanggal 1 Juni 2016, GOG.com memperkenalkan program baru miliknya yang diberi nama GOG Connect. GOG menjelaskan bahwa GOG Connect adalah program baru untuk mendapatkan DRM-free dari game yang telah kalian beli sebelumnya lewat Steam.

Jika kalian sebelumnya telah memiliki sejumlah game yang telah dibeli lewat Steam, maka dengan menggunakan GOG Connect, kalian dapat memindahkan game tersebut ke GOG untuk mendapatkan versi DRM-free dari berbagai judul game itu sendiri. Namun tidak hanya game saja yang nantinya dapat kalian unduh. Jika sebuah game memiliki konten extra lainnya, seperti musik latar, wallpaper eksklusif, hingga film pendek.

Tentunya ini adalah kabar yang sangat baik, karena dengan begitu, kalian sebagai gamer memiliki kendali penuh atas konten digital yang telah kalian beli sebelumnya.

Baca Juga:

Syarat & Ketentuan GOG Connect

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara saya memakai GOG Connect? Apa saja yang saya butuhkan untuk menggunakannya? Berikut langkah sederhana yang harus kalian ikuti untuk menggunakan GOG Connect:

  • Silahkan lakukan login lewat website GOG.com. Jika kalian belum memiliki akun GOG.com sebelumnya, maka kalian harus mendaftar terlebih dahulu.
  • Hubungkan akun GOG.com dan akun Steam dengan GOG Connect. Perlu diingat bahwa akun Steam yang bisa dipakai hanya satu akun saja dan ini sifatnya permanen, sehingga pastikan akun Steam yang kalian hubungkan adalah akun Steam utama.
  • GOG.connect akan mencari sejumlah game yang saat ini statusnya dapat dihubungkan. Jika memang ada, maka game tersebut akan muncul pada halaman yang sama.
  • Tambahkan game tersebut ke akun GOG.com kalian secara otomatis dengan menekan tombol ‘Add Games’ yang tersedia pada halaman yang sama.
Perlu diingat pula bahwa belum semua game langsung didukung oleh program GOG.com yang baru ini. Masalahnya, walaupun program GOG Connect memang akan terus tersedia, judul game yang didukung akan terus berganti. Ini merupakan kebijakan dari para pengembang game sendiri. Berikut adalah sejumlah judul game yang telah mendapat dukungan dari GOG Connect:

  • The Witness
  • FTL: Faster Than Light
  • The Incredible Adventures of Van Helsing: Final Cut
  • Galactic Civilizations 3
  • Trine Enchanted Edition
  • Saints Row 2
  • Shadowrun Returns
  • The Witcher: Enhanced Edition
Sebagai catatan tambahan lainnya bagi kalian yang menemui masalah dalam proses menghubungkan akun, saya sendiri harus menunggu 5–10 menit sampai beberapa judul game dari akun Steam saya dapat dikenali oleh GOG.com. Dan bahkan sampai pada saat itupun, beberapa game lainnya masih belum berhasil dikenali sepenuhnya. Jadi kalian harus bersabar karena mungkin server GOG.com masih terlalu penuh.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Alexius Aditya

Latest