Follow Us

Apple Mengenalkan Sistem Search Ads untuk App Store

Bagus Hernawan - Kamis, 09 Juni 2016 | 08:48
Apple Mengenalkan Sistem Search Ads untuk App Store

Sesuai dengan rumor beberapa waktu lalu mengenai sistem iklan dan promosi aplikasi di App Store, hal ini sekarang benar terjadi. Apple resmi mengenalkan sistem Search Ads untuk membantu pengembang mempromosikan aplikasinya di hasil pencarian App Store. Tidak sekedar iklan biasa, Search Ads juga tetap menjamin privasi pengguna.

Search Ads is an efficient and easy way for you to promote your app within the U.S. App Store search results, helping people discover or reengage with your app at the very moment they are searching for apps like yours. Designed to give users a safe search experience, Search Ads sets a new standard for delivering relevant ads while respecting user privacy.

Secara sederhana, Search Ads adalah metode untuk para pengembang mengiklankan aplikasinya dengan menggunakan keyword tertentu di App Store sebagai kata kunci pencarian. Apple mengatakan bahwa Search Ads bersifat efektif, efisian dan data pengguna tetap bersifat private.

Tampilan di atas adalah salah satu contoh Search Ads dengan kata kunci “photo filters”. Dapat kamu lihat, aplikasi yang menggunakan jasa iklan Search Ads akan tampil paling atas dari kata kunci yang ditetapkan dan secara jujur menggunakan label Ad alias iklan.

Bicara masalah investasi biaya, Apple juga mengklaim pemasangan iklan Search Ads oleh pengembang dapat dilakukan kapanpun dan oleh siapapun. Budget yang harus dikeluarkan dapat kamu atur sendiri berikut dengan durasi iklan yang ingin dilakukan. Nantinya akan dirilis laman khusus untuk melakukan pengaturan Apple Search Ads dan metode yang dapat kamu pilih – Cost Per Tap, Cost Per Aquisition dan beragam pilihan lain.

Keamanan Pengguna dan Data

Masih dari halaman penjelasan yang sama, Apple mengatakan bahwa Search Ads tetap berpedoman pada privasi pengguna. Yaitu tidak membagikan data pribadi kamu ke pengguna jasa iklan ini – seperti data Heatlh, Apple Pay atau HomeKit. Begitu juga dengan data individual seperti nama dan alamat kamu, semuanya akan tetap aman.

Karena berbasis App Store, tentunya data ini Search Ads ini erat hubungannya dengan Apple ID ya. Nah, Apple juga tidak akan menampilkan iklan untuk Apple ID dengan keterangan usia di bawah 13 tahun atau Managed Apple ID di daftar Family Sharing misalnya.


Baca Juga:


Para Pengembang Dapat Segera Mendaftar

Bagaimana, tertarik untuk mengenal Search Ads lebih jauh dan menggunakan layanan ini untuk aplikasi kamu di App Store? Segera daftar ya, layanan Search Ads akan mulai aktif di musim gugur tahun ini alias beberapa bulan lagi. Pengembang dapat segera mendaftar Search Ads Beta di laman berikut ini ya!

Bagi kamu para pengguna biasa, punya pendapat mengenai metode Search Ads yang sedang disiapkan oleh Apple? Setuju atau malah merasa kurang sreg? Bagikan di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/app-store/search-ads/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest