Follow Us

Mengenal APFS: File System Generasi Baru dari Apple

Bagus Hernawan - Rabu, 15 Juni 2016 | 11:50
Mengenal APFS: File System Generasi Baru dari Apple

Jika selama ini kamu mengenal format HFS atau lebih akrab dengan nama OS X Extended Journaled sebagai format File System, minggu ini Apple mengenalkan format baru. Ya, di salah satu Sessions dalam ajang WWDC dijelaskan tentang File System terbaru yang akan digunakan untuk masa depan pengembangan iOS, watchOS, tvOS dan macOS dengan nama APFS (Apple File System).

The Apple File System (APFS) is the next-generation file system designed to scale from an Apple Watch to a Mac Pro. APFS is optimized for Flash/SSD storage, and engineered with encryption as a primary feature. Learn about APFS benefits versus HFS+ and how to make sure your file system code is compatible.

Dari beberapa halaman penjelasan yang sudah tim MakeMac baca di bagian Apple Developer, tujuan dari kehadiran APFS adalah optimalisasi kecepatan akses data di SSD atau Flash Storage, keamanan dengan beberapa metode enkripsi serta perlindungan terhadap Crash Operation untuk proses salin data yang berhubungan dengan sistem.

Apple File System provides several new features, including optimization for Flash/SSD storage, copy-on-write metadata, space sharing, cloning of files and directories, snapshots, fast directory sizing, and atomic safe-save primitives.


Baca Juga:


Pada masa pengenalan awal ini masih banyak batasan yang ada di APFS ya. Beberapa diantaranya adalah belum mendukung untuk digunakan sebagai startup disk, hanya mendukung mode Case Sensitive, tidak mendukung Time Machine, FileVault dan juga Fusion Drive dan beberapa batasan lainnya. Saya rasa ini cukup wajar, namanya juga pengenalan awal. Bisa saja seiring berjalannya waktu, update untuk dukungan fitur tadi akan ditambahkan.

Sebagai catatan, teknologi APFS ini dipersiapkan Apple untuk hadir di tahun 2017, bukan untuk iOS 10 atau macOS Sierra yang kabarnya akan segera tersedia di musim gugur – September 2016 nanti.

Bagaimana pendapat kamu mengenai APFS? Antusias dengan masa depan sistem operasi Apple yang akan menggunakan File System baru? Atau punya pendapat lain? Bagikan di kolom komentar ya!


Selamat Datang macOS Sierra: Integrasi Siri, Apple Pay dan Peningkatan Fitur

[source site_name = “9to5mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/06/13/apple-file-system-apfs/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest