Follow Us

(Rumor) iPhone 6s Bisa Masuk Indonesia Lewat Peraturan Baru TKDN

Andri Alfansyah - Rabu, 15 Juni 2016 | 12:33
(Rumor) iPhone 6s Bisa Masuk Indonesia Lewat Peraturan Baru TKDN

Apple sepertinya tidak lama lagi bakal segera bisa menjual iPhone 6s di Indonesia tanpa harus terkendala persoalan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang diterapkan pemerintah.

Pasalnya, pemerintah Indonesia kabarnya bakal mengubah skema investasi untuk memenuhi kebijakan TKDN oleh vendor ponsel 4G LTE sebagai syarat berjualan di pasaran Tanah Air. Dalam skema investasi baru itu disebutkan vendor boleh tidak merakit ponsel 4G LTE buatannya di Indonesia asalkan ponsel tersebut dibanderol dengan harga di atas Rp 8 juta.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan, sebagaimana dilansir Kompas Tekno.

“Ponsel bisa diimpor dalam bentuk complete build unit (CBU),” ujar Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) I Gusti Putu Suryawirawan saat dihubungi KompasTekno, Senin (13/6/2016).

"Syaratnya, harga cost insurance freight (CIF) Rp 8 juta atau lebih,” imbuh Putu.

Syarat berjualan bagi vendor ponsel tersebut tertuang dalam skema investasi 100 persen software. Skema ini mempunyai syarat turunan yang berbeda dari skema investasi 100 hardware. Dalam skema terakhir, vendor diizinkan berinvestasi di bidang hardware dengan membangun sendiri fasilitas pabrik produksi ponsel 4G buatanya atau menjalin kerjasama dengan manufaktur lokal.


Baca juga:


Pemerintah dalam hal ini Kemenperin, Kemenkominfo, dan Kemendag dilaporkan saat ini tengah melakukan proses pembahasan lebih lengkap mengenai dua skema investasi tersebut berikut besaran investasinya.

iPhone 6s yang diluncurkan secara resmi di pasaran global September tahun lalu memiliki banderol harga melebihi Rp 8 juta. Justru Indonesia menjadi negara dengan harga iPhone paling mahal kedua di dunia. Jadi peluang untuk bisa masuk Indonesia tidak diragukan sangat besar.

Semoga pembahasan mengenai dua skema investasi tersebut bisa cepat dirampungkan pemerintah. Sehingga Apple bisa resmi menjual iPhone paling barunya di Tanah Air. Kita nantikan saja.

[source site_name = “Kompas Tekno” site_url = “http://tekno.kompas.com/read/2016/06/15/10180047/Ponsel.4G.di.Atas.Rp.8.Juta.Tak.Perlu.Dirakit.d”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest