Follow Us

(iOS 10) Selamat Tinggal Slide to Unlock…

Bagus Hernawan - Kamis, 16 Juni 2016 | 13:01
(iOS 10) Selamat Tinggal Slide to Unlock…

Slide to Unlock, semua pengguna perangkat iOS pasti mengenal tulisan kecil ini di layar lockscreen iPhone, iPad dan iPod Touch. Desain untuk membuka kuncian layar ini sudah hadir sejak iPhone pertama dan kini hilang di iOS 10. Ya, update iOS 10 versi Developer Beta 1 resmi menghapus tampilan tersebut.

Tampilan Lockscreen di iOS 10

Kini di iOS 10 kamu tidak lagi menemukan tulisan Slide to Unlock dalam font minimalis seperti di iOS 9. Bagian itu berganti menjadi Press home to unlock dengan ikon gembok di bagian atas layar. Lantas bagaimana prose membuka kuncian layar untuk iOS 10 ini?

Pertama untuk pengguna perangkat iPhone atau iPad yang sudah menggunakan TouchID. Kamu harus menempelkan sidik jari yang sudah kamu daftarkan sebelumnya untuk menghilangkan ikon gembok di bagian atas, setelah itu tekan home button.

Sedangkan untuk pengguna iPhone atau iPad yang belum mendukung Touch ID, prosesnya tentu sedikit berbeda. Pertama adalah menekan home button lalu masukkan Passcode Lock yang tentunya sudah kamu atur sebelumnya. Sebagai catatan, kamu dapat mengganti proses menekan home dengan tombol virtual lewat fitur Assitive Touch ya.

Update (13 September 2016) Rest Finger to open

Apple terus memperbaiki fitur Lockscreen selama pengembangan iOS 10 Beta. Yaitu dengan cara menghadirkan fitur Rest Finger to Open agar pengguna perangkat iPhone dan iPod Touch yang mendukung Touch ID tidak perlu menekan home button untuk membuka layar – cukup tempelkan jari yang sudah kamu daftarkan. Fitur tersebut hadir di iOS 10 Developer Beta 3 dan terus tersedia hingga sekarang.

Bagaimana cara menggunakan pengaturan ini? Silahkan masuk ke Settings > General > Accessibility > Home Button. Aktifkan fitur Rest Finger to Open dan coba tekan home button untuk mengunci layar. Sekarang tinggal tempelkan jari kamu ke home button dan kuncian otomatis terbuka.

Kenapa Slide to Unlock Harus Dibunuh?

Oke, mungkin sebagian dari kamu merasa kecewa kenapa fitur minimalis andalan Apple ini dihilangkan. Jawabannya adalah Apple mengubah Lockscreen menjadi 3 halaman virtual yang terdiri dari Widget, Lockscreen dan akses cepat fitur kamera. Untuk mengakses setiap mode ini, pengguna harus menggeser layar dari kanan ke kiri atau sebaliknya. Hal ini yang menurut saya menjadi alasan paling kuat untuk membunuh Slide to Unlock.

Baca Juga:

Pendapat Kamu?

Saya sendiri sudah cukup jarang untuk menggunakan Slide to Unlock saat menggunakan iPhone 5s dengan iOS 9. Langkah yang saya lakukan untuk membuka layar hampir selalu menekan home button, pindai sidik jari dan langsung masuk ke Homescreen. Jadi ya rasanya tidak masalah dengan hilangnya fitur ini – diganti dengan akses Widget yang ada di bagian bawah.

Namun saya merasa kurang setuju dengan fitur yang mensyaratkan untuk tetap menekan home button walaupun sudah menggunakan Touch ID sebagai kunci keamanan. Saya jadi perlu waktu sepersekian detik untuk membiasakan akses tersebut – semoga sih segera terbiasa.

Untuk mengenang Steve Jobs dan Slide to Unlock, silahkan simak video berikut ini ya:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Bagaimana pendapat kamu mengenai fitur baru pengganti Slide to Unlock ini? Tidak sabar untuk mencobanya? Atau merasa kurang cocok dan lebih menikmati tampilan sederhana di Lockscreen iOS 9? Silahkan bagikan di kolom komentar!


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest