Follow Us

Tim Cook Bakal Galang Dana Buat Partai Republik AS

Andri Alfansyah - Selasa, 21 Juni 2016 | 12:02
Tim Cook Bakal Galang Dana Buat Partai Republik AS

Meski hubungannya dan calon presiden AS dari Partai Republik Donald Trump tidak berjalan dengan baik, CEO Apple Tim Cook dijadwalkan bakal mengadakan penggalangan dana buat partai tersebut.

Sebagaimana dilansir Politico (via 9to5Mac), Cook bakal membantu menggalang dana buat pemilihan anggota lain partai Republik dalam acara sarapan pagi bareng sejumlah tokoh kunci partai tersebut, seperti Paul Ryan dan Gary Wipfler.

Cook will help generate cash for Ryan at a private breakfast on June 28 in Menlo Park, Calif., along with Gary Wipfler, the company’s treasurer, according to an invite obtained by POLITICO on Monday. The money benefits not only the speaker but a joint fundraising committee aimed at helping to elect other House Republicans.

Penggalangan dana yang dilakukan Cook itu dilaporkan bertujuan untuk memperkuat jalinan hubungan Apple dengan para anggota kunci dari partai Republik AS yang lebih dikenal dengan nama GOP (Grand Old Party) tersebut.

Secara khusus, Cook dilaporkan mengadakan penggalangan dana tersebut bukan atas nama Apple melainkan dirinya sendiri. Hal ini mengingat Apple tidak mempunyai komite aksi politik perusahaan, seperti Facebook, Google, dan lainnya.

Partai Republik AS sendiri menurut rencana bakal mengadakan konvensi di waktu mendatang. Namun Apple dilaporkan tidak bakal mendukung konvensi tersebut dengan memberikan donasi uang ataupun teknologinya kepada mereka.


Baca juga:


Keengganan Apple untuk membantu Partai Republik disebabkan keputusan dan komentar Donald Trump mengenai sejumlah isu sensitif seperti imigran, minoritas, dan wanita. Juga, Trump pernah melontarkan komentar mengenai rencananya untuk memaksa Apple mengalihkan produksi produk-produknya dari Tiongkok ke AS.

Selain itu, Trump bahkan sempat juga meminta untuk melakukan pemboikotan produk-produk Apple menyusul mereka menolak membantu membuka akses kunci iPhone milik teroris San Bernardino beberapa waktu lalu.

Karena keputusan dan komentar Trump yang meresahkan tersebut, Cook menjadi berang. Dia pun kemudian mengadakan pertemuan dengan sejumlah petinggi perusahaan dalam acara World Forum di American Enterprise Institute untuk menjegal Trump menjadi calon presiden AS.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/06/18/apple-gop-convention-donald-trump/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest