Follow Us

Lacona, Kendalikan Pengaturan di Mac dengan Perintah Berbentuk Teks

Bagus Hernawan - Kamis, 23 Juni 2016 | 15:24
Lacona, Kendalikan Pengaturan di Mac dengan Perintah Berbentuk Teks

Pastinya kamu sudah tahu jika macOS Sierra yang dikenalkan oleh Apple di WWDC 2016 lalu resmi memberikan dukungan untuk personal assistant Siri. Nah jika pengucapan kata dalam bahasa Inggris sedikit menjadi kendala bagi kamu, coba layanan yang mirip yuk, tapi berbasis ketikan perintah. Menggunakan nama Lacona, kamu dapat meminta aplikasi ini untuk melakukan banyak hal dalam bentuk perintah yang diketik – mirip Spotlight.

Tim MakeMac sudah mencoba Lacona dan ingin berbagi review untuk kamu pembaca setiam MakeMac. Yuk simak langsung!

Mengenal Lacona

Secara sederhana Lacona dapat membantu kamu mengakses beragam hal di komputer Mac lewat rangkaian perintah dalam bentuk teks. Istilah ini biasa disebut Natural Language yaitu mengubah bahasa sehari-hari yang diatur dengan urutan tertentu menjadi perintah untuk proses di komputer.

Apa saja perintah yang dapat kamu berikan kepada Lacona? Banyak! Mulai dari akses App, Bookmarks, Dokumen, System Preferences, Contacts dan beragam hal lainnya. Bahkan jika kamu adalah seorang pengembang aplikasi, pembuar Lacona juga menyediakan API yang dapat diunduh untuk melakukan integrasi.

Pengalaman Menggunakan Lacona

Cara menggunakan aplikasi yang masih dalam label Beta ini sangat mudah. Kamu tinggal unduh dan instal lalu cek ikon Lacona di menu bar OS X. Masuk ke pengaturan dan atur shortcut yang dibutuhkan untuk memanggil layanan ini. Mirip dengan Spotlight atau Alfred, tampilan Lacona akan memberikan pertanyaan yang intinya, kamu mau ngapain?

Nah di percobaan awal, saya mencoba perintah seperti di gambar. Meminta Lacona membuka MakeMac lewat peramban Safari misalnya. Begitu tekan Enter, sebuah tab baru di Safari akan muncul dan membuka website kesayangan kamu ini. Fitur ini sangat membantu saya ketika sedang membuka banyak aplikasi dan kesulitan untuk mencari Safari lewat shortcut cmd+tab.

Selain berhubungan dengan aplikasi dan bantuan akses cepat, Lacona juga bisa digunakan untuk membuat catatan! Ya, kamu bisa meminta layanan ini untuk membuat Reminder dengan awalan perintah reminde me, schedule atau beberapa contoh lainnya. Tinggal ikuti saja pola perintah yang harus kamu lakukan dalam ketikan – dari kolom bantuan di bagian bawah.


Baca Juga:


Fitur terakhir yang saya coba dari Lacona adalah akses ke pengaturan di komputer Mac. Beberapa contoh sederhana adalah masuk ke mode Screensavers, mematikan Bluetooth atau Wi-Fi hingga eject disc image yang sedang kamu buka. Semuanya dapat dilakukan dengan perintah lewat teks, tidak perlu pusing mencari dan mengakses setiap bagian di System Preferences.

Yuk Buruan Cobain!

Masih banyak lagi fitur di Lacona yang dapat kamu akses, terutama jika sudah mengulik bagian pengaturan atau nanti jika aplikasi ini sudah tidak menggunakan label Beta. Bagaimana, berminat mencoba Lacona dan mengetik segala perintah dan perubahan pengaturan yang kamu butuhkan? Gunakan tautan di bawah ini ya untuk akses cepat mengunduh Lacona!

Download Lacona


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest