Follow Us

Pemerintah Tiongkok Wajibkan App Store Catat Data Pengguna Hingga 60 Hari

Bagus Hernawan - Kamis, 30 Juni 2016 | 12:05
Pemerintah Tiongkok Wajibkan App Store Catat Data Pengguna Hingga 60 Hari

Pemerintah Tiongkok yang terkenal dengan pengawasan ekstra ketat di ranah dunia maya, kabarnya sedang menyiapkan peraturan baru. Yaitu khusus untuk toko aplikasi online yang beredar di negara tersebut wajib menyimpan data berupa log atau catatan aktivitas belanja selama 60 hari.

All app stores and providers are now required to keep a record of users’ activity for 60 days. And in an effort to boost privacy protection, they must now seek a user’s consent before collecting personal information, location data and contacts lists from them.

Masih dari catatan Cyberspace Administration di website pemerintah Tiongkok, kabarnya para pengembang yang terdaftar di App Store dan aplikasinya tersedia di regional negara ini harus terverifikasi secara lengkap. Namum sayangnya tidak ada info lebih lanjut mengenai maksud dari verifikasi atau proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan label tersebut.


Baca Juga:

Apple sendiri belum berkomentar mengenai hal ini. Sedangkan pesaing paling dekatnya, Google Play Store memang tidak ada tersedia di Tiongkok. Mungkinkah kebijakan ini membuat turunnya pendapatan App Store di negara tersebut? Mengingat sekarang posisi App Store di negeri ini sudah melibas Jepang menurut laporan awal 2016. Bagaimana pendapat kamu? Bagikan di kolom komentar ya!


Mirip Ponsel Ini, iPhone Terancam Dilarang Beredar di Tiongkok

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “http://www.bloomberg.com/news/articles/2016-06-28/china-orders-mobile-app-stores-providers-to-monitor-users”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest