Follow Us

(Rumor) Apple Bakal Akuisisi Tidal, Layanan Musik Streaming Milik Jay Z.

Andri Alfansyah - Jumat, 01 Juli 2016 | 11:00
(Rumor) Apple Bakal Akuisisi Tidal, Layanan Musik Streaming Milik Jay Z.

Apple Music sepertinya tidak lama lagi bakal menjadi layanan musik streaming yang semakin menggurita menyaingi para kompetitornya. Pasalnya Apple kabarnya tengah mengincar layanan musik streaming lain buat diakuisisi.

Seperti dilansir Wall Street Journal (via 9to5Mac), Apple sedang melakukan perundingan untuk mengakuisisi Tidal, layanan musik streaming yang dimiliki artis penyanyi Rap terkenal Jay Z.

Tidal sendiri adalah layanan musik streaming yang diluncurkan Aspiro, perusahaan publik asal Norwegia/Swiss, di tahun 2014 lalu. Kemudian Project Panther yang dimiliki Jay Z. mengakuisisinya seharga $56 juta pada bulan Maret 2015.

Di akhir bulan yang sama Jay Z. meluncurkan ulang Tidal dengan dukungan Kanye West, Beyonce, Chris Martin, Jack White, dan banyak artis penyanyi lainnya yang juga memiliki sebagian sahamnya.

Adapun ketertarikan Apple untuk mengakuisisi layanan musik dari Jay Z. adalah ingin menjalin hubungan yang kuat dengan para pemiliknya. Banyak di antara mereka merupakan para penyanyi terkenal yang musiknya tidak ada di Apple Music.

Meski Apple mendapatkan album Lemonade milik Beyonce di iTunes dan The Life of Pablo milik Kanye West di Apple Music, banyak album musik dari para pemiliknya tersebut hanya tersedia secara eksklusif di Tidal.


Baca juga:


Berita mengenai negosiasi untuk mengakuisisi Tidal oleh Apple adalah strategi mereka untuk mendapatkan hak cipta eksklusif album-album dari para penyanyi dan juga label musik.

Bukan hanya Apple saja yang tertarik untuk membeli layanan musik streaming Jay Z. dan kawan-kawan, sejumlah perusahaan besar, seperti Google, Samsung, dan Spotify dilaporkan juga punya niatan untuk membelinya.

Proses akuisisi Tidal ini dilaporkan baru sebatas negosiasi dan rinciannya sama sekali belum jelas. Kemungkinan akuisisi ini tidak bakal menjadi kenyataan. Meski begitu, akuisisinya oleh Apple diklaim bakal membuat Tidal yang memiliki jumlah pengguna berbayar 4,2 juta orang ini semakin berkembang.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/06/30/report-apple-in-talks-to-acquire-jay-zs-tidal-music-streaming-service/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest