Follow Us

Apple Menolak Update Spotify Terbaru di App Store

Bagus Hernawan - Jumat, 01 Juli 2016 | 11:33
Apple Menolak Update Spotify Terbaru di App Store

Spotify kabarnya murka terhadap Apple karena menolak update versi terbaru dari aplikasinya di App Store. Pihak Spotify juga sudah mengirimkan surat kepada tim badan hukum Apple dan membagikan salinannya kepada staf Kongres di Washington DC. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa Spotify mengalami kerugian sangat serius.

"It continues a troubling pattern of behavior by Apple to exclude and diminish the competitiveness of Spotify on iOS and as a rival to Apple Music, particularly when seen against the backdrop of Apple’s previous anticompetitive conduct aimed at Spotify… we cannot stand by as Apple uses the App Store approval process as a weapon to harm competitors.

Masalah yang terjadi sebetulnya cukup kompleks. Yaitu dalam update terbaru yang gagal rilis, Spotify ingin para penggunanya untuk memilih berlangganan Spotify Premium lewat pendaftaran web – diluar fitur in-app purchase. Cara yang dilakukan adalah membuat promosi dengan akses tombol cepat untuk melakukan pendaftaran. Tidak hanya itu, kabarnya mereka juga ingin menghilangkan tombol berlangganan Spotify Premium yang menghubungkan fitur ini ke in-app purchase di App Store.


Baca Juga:

Wajar rasanya jika Apple menjadi geram dan menyebutkan bahwa business model yang dilakukan Spotify sudah menyalahi aturan. Jawaban tersebut yang diberikan oleh Apple, pada informasi penolakan aplikasi Spotify terbaru di App Store. Sementara beberapa pihak lain meyakini bahwa Apple takut kehilangan pelanggan Apple Music.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple mematok pembagian hasil 30% dari setiap belanja in-app purchase. Ini membuat Spotify harus memberikan harga berlangganan $12.99 perbulan jika kamu memilih berlangganan lewat App Store – sedangkan jika membayar lewat web Spotify hanya $9.99. Keberanian Spotify untuk terus mengkritisi masalah ini sebetulnya sudah berlangsung cukup lama, yaitu sejak Apple merilis layanan pesaing – Apple Music.

Bagaimana pendapat kamu mengenai Spotify dan tindakan Apple yang menolak updatenya? Bagikan di kolom komentar ya!


(Rumor) Apple Bakal Akuisisi Tidal, Layanan Musik Streaming Milik Jay Z.

[source site_name = “Recode” site_url = “http://www.recode.net/2016/6/30/12067578/spotify-apple-app-store-rejection”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest