Follow Us

Apple Tanggapi Surat dari Spotify Seputar Penolakan Aplikasi

Bagus Hernawan - Senin, 04 Juli 2016 | 17:19
Apple Tanggapi Surat dari Spotify Seputar Penolakan Aplikasi

Masih ingat berita mengenai Spotify yang marah besar karena update aplikasinya di App Store tidak disetujui Apple? Dalam beberapa hari lalu pengacara Apple (Bruce Sewel) membalas surat yang dikirimkan sebelumnya oleh pengacara Spotify – Horacio Gutierrez.

Dalam surat sepanjang 3 lembar dan beberapa paragraf yang diunggah oleh BuzzFeed ini, Bruce Sewel menyampaikan beberapa hal. Mulai dari rasa kecewa Apple karena tindakan Spotify sebelumnya.

As a valued developer in App Store, we’re disappointed with the public attacks you’ve made and appreciate the opportunity to set the record straight

Kembali pada peraturan yang dibuat oleh Apple mengenai metode berlangganan via in-app purchase. Hal ini sudah dibuat sejak lama dan berlaku pada semua jenis layanan berlangganan. Mulai dari musik, konten buku, streaming video bahkan hingga games. Disadari atau tidak, para pengembang tersebut juga bersaing dengan Apple atau layanan lain dan tetap menggunakan peraturan yang diberikan.

Our guidelines apply equally to all app developers, whether they are game developers, e-book sellers, video-streaming services or digital music distributors; and regardless of whether or not they compete against Apple. We did not alter our behavior or our rules when we introduced our own music streaming service or when Spotify became a competitor..


Baca Juga:


Masih dari sumber yang sama, pihak pengacara Apple juga kembali menyingung mengenai peraturan baru di in-app purchase dari Apple. Yaitu metode pembagian hasil 70:30 akan berubah menjadi 85:15 jika pengembang aplikasi dapat membuat pelanggan terus memperpanjang layanan yang digunakan hingga satu tahun. Hal ini berlaku secara personal untuk setiap pengguna dan penjelasan lengkapnya sudah tim MakeMac bahas sebelumnya.

Sebagai penutup pesannya, Bruce Sewel juga menjelaskan bahwa ada beberapa pelanggaran lain yang masih dilakukan Spotify pada aplikasi yang sekarang tersedia di App Store. Dia berjanji untuk dapat membantu Spotify membereskan hal ini jika pihak layanan streaming musik dari Swedia ini telah memperbarui aplikasinya sesuai aturan dari Apple. Jika kamu berminat membaca isi surat dari Apple kepada Spotify secara lengkap, silahkan kunjungi laman sumber artikel ini ya.

Bagaimana pendapat kamu mengenai surat tanggapan dari Apple untuk Spotify? Apakah pihak Apple sudah menjawab dengan tepat atau punya pendapat lain? Bagikan di kolom komentar ya!


Panduan Lengkap Membuat Akun dan Berlangganan Spotify

[source site_name = “Buzzfeed” site_url = “https://www.buzzfeed.com/johnpaczkowski/apple-fires-back-at-spotify-for-asking-for-preferential-trea?utm_term=.axA6Mwy8b#.de0yjmvXM”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest