Follow Us

Pengembang Ini Temukan Dark Mode Siap Mampir ke macOS Sierra

Andri Alfansyah - Selasa, 12 Juli 2016 | 13:21
Pengembang Ini Temukan Dark Mode Siap Mampir ke macOS Sierra

Apple ternyata diam-diam sedang menyiapkan fitur Dark Mode tidak hanya buat sistem operasi mobile iOS 10 saja, tapi juga buat sistem operasi terbaru komputer Mac, macOS Sierra. Hal ini kali pertama diketahui seorang pengembang Mac di GitDo bernama Guilherme Rambo.

Sebagaimana dilaporkan Cult of Mac, Rambo menemukan adanya pengaturan buat mengaktifkan fitur Dark Mode di sejumlah aplikasi dalam macOS Sierra. Beberapa aplikasi yang mendukung tampilan gelap ini adalah Safari, System Preferences, Finder and TextEdit.

Menariknya, tidak hanya aplikasi-aplikasi bawaan macOS Sierra yang mendukung tampilan ini, aplikasi pihak ketiga juga kabarnya bakal kebagian fitur menarik ini. Apple sendiri sudah mengindikasikan hal tersebut dalam ajang WWDC yang digelar bulan lalu.

Mengutip MacMagazine, Apple disebutkan mewajibkan para pengembang aplikasi pihak ketiga wajib menggunakan kontrol natif ketika menciptakan aplikasi dengan Cocoa. Sehingga hal itu memungkinkan Apple untuk menyesuaikan tampilan Dark Mode buat aplikasi pihak ketiga dengan mudah.


Baca juga:


Apple memang tidak menyebutkan fitur Dark Mode ini bakal hadir di macOS Sierra dalam gelaran WWDC lalu. Seperti di iOS 10, fitur ini tampaknya memang masih dalam tahap pengembangan dan belum siap diluncurkan.

Dark Mode sendiri pernah hadir kali pertama di OS X Yosemite di 2014 lalu. Namun saat itu belum secara penuh mengubah tampilan sistem operasi menjadi gelap, fitur ini hanya mendukung Dock, notifikasi, dan Bar Menu saja.

Lantas hadirnya Dark Mode yang sebenarnya di macOS Sierra menjadi jawaban menggembirakan dari Apple buat para pengguna yang menginginkan fitur ini hadir di sistem operasi besutannya, mengingat mereka sudah menghadirkan fitur ini terlebih dahulu di watchOS dan tvOS. Semoga saja, pada perilisannya nanti di musim gugur, Dark Mode sudah siap dinikmati.

[source site_name = “Cult of Mac” site_url = “http://www.cultofmac.com/437485/dark-mode-might-get-even-darker-in-macos-sierra/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest