Follow Us

Tutorial Update iOS 10 dan macOS Sierra Public Beta 1

Bagus Hernawan - Selasa, 12 Juli 2016 | 15:02
Tutorial Update iOS 10 dan macOS Sierra Public Beta 1

Apple resmi merilis iOS 10 dan macOS Sierra dalam versi Developer Beta untuk para pengembang, setelah keynote WWDC 2016 selesai berlangsung. Nah versi beta yang lain – Public Beta yaitu untuk para pengguna umum yang ingin turut mencoba sudah dikenalkan minggu lalu yaitu awal Juli 2016. Berminat untuk mencobanya? Berikut ini informasi lengkap mengenai Public Beta yang harus kamu tahu dan panduan instal.

Apa Itu Apple Beta Software Program?

Jika dilihat dalam penjelasan di beta.apple.com, layanan baru ini adalah kesempatan yang diberika oleh Apple untuk para pengguna umum yang ingin mencoba iOS dan macOS versi Beta. Tidak seperti versi Developer Beta yang membutuhkan akun berbayar, daftar UDID dan beberapa langkah lainnya, di Public Beta kamu hanya perlu mendaftarkan Apple ID dan enroll device alias instal Beta Profile.

Tujuan dari program Apple Beta Software adalah mengumpulkan sebanyak mungkin masukan dari hasil percobaan pengguna mengenai sistem operasi terbaru. Nantinya jika kamu menemui beberapa masalah atau bug system, silahkan melaporkannya dengna aplikasi Feedback Assistant yang diberikan oleh Apple.

Cara Mendaftar di Apple Beta Software Program

Silahkan buka laman beta.apple.com lewat komputer atau perangkat iOS kamu ya. Setelah itu tekan Sign In di kanan atas. Masukkan Apple ID kamu dan ikuti langkah persetujuan pendaftaran yang diberikan. Setelah itu baca beberapa penjelasan awal atau halaman tanya jawab Apple Beta Software Program yang mungkin perlu kamu baca di awal.

Persiapan Sebelum Instal iOS 10 atau macOS Sierra Public Beta

Backup alias mencadangkan data adalah langkah penting yang harus kamu lakukan. Namanya juga Beta, masih ada kemungkinan bahwa perangkat iOS atau komputer Mac akan mengalami kendala di sistem operasi atau aplikasi pihak ketiga dan berpengaruh pada data yang kamu simpan. Selain berfungsi menyimpan data agar tetap aman, backup juga dapat membuat kamu lebih mudah untuk downgrade atau kembali ke iOS 9 atau OS X El Capitan jika dibutuhkan.

Tutorial Update iOS 10 Public Beta 1

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar di Apple Beta Software Program.
  2. Buka laman website beta.apple.com dan login.
  3. Masuk ke bagian Enroll Your Devices.
  4. Scroll ke bawah dan tekan tombol Download Profile untuk mengunduh pengaturan instalasi iOS 10 Public Beta.
  5. Ikuti panduan yang tampil di layar lalu masuk ke Settings > General > Software Update untuk mengunduh iOS 10 Public Beta.
  6. Pastikan kamu menggunakan koneksi internet yang cukup dan stabil. Dokumen yang diunduh sekitar 1.5 GB atau lebih.
  7. Selesai, perangkat iOS akan melakukan restart dan sekarang kamu sudah menggunakan iOS 10 Public Beta 1 di perangkat iPhone, iPad atau iPod Touch.

Baca Juga:


Tutorial Update macOS Sierra Public Beta 1

  1. Pastikan kamu sudah terdaftar di Apple Beta Software Program.
  2. Buka laman website beta.apple.com dan login.
  3. Masuk ke bagian Enroll Your Devices.
  4. Di tab macOS, scroll ke poin nomer 2 dan tekan tombol Redeem Code.
  5. Setelah itu Mac App Store akan terbuka dan kamu dapat melakukan proses redeem promo code untuk mendapatkan macOS Sierra Public Beta 1.
  6. Tunggu hingga proses mengunduh dokumen dengan nama Instal macOS Sierra Public Beta di folder Appications selesai – sekitar 4GB.
  7. Setelah itu tekan 2x di dokumen tadi untuk memulai proses instal. Ikuti panduan yang tampil di layar ya.

Sudah Update ke iOS 10 atau macOS Sierra Public Beta?

Apakah kamu sudah mengunduh iOS 10 atau macOS Sierra dengan cara diatas? Fitur apa saja yang sudah kamu coba atau bug system apa yang dijumpai dan kamu laporkan lewat Feedback Assistant? Bagikan di kolom komentar atau tweet ke @MakeMac ya!

[source site_name = “Apple” site_url = “http://beta.apple.com”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest