Follow Us

Focus Matrix, Aplikasi Pencatat dengan Metode Eisenhower Box

Bagus Hernawan - Rabu, 13 Juli 2016 | 13:01
Focus Matrix, Aplikasi Pencatat dengan Metode Eisenhower Box

Suka mencatat beragam rencana kegiatan yang ingin kamu lakukan? Nah minggu ini tim MakeMac punya aplikasi produktivitas baru bernama Focus Matrix! Dengan menggunaan metode Eisenhower Box, Focus Matrix akan membantu kamu membagi setiap catatan dalam zona Urgent dan Important.

Tim MakeMac sudah mencoba aplikasi ini dan ingin berbagi review untuk kamu pengguna iPhone, iPad atau perangkat Mac. Yuk langsung simak!

Mengenal Focus Matrix, Karya Dwight Eisenhower

Bagi kamu yang belum tahu, Dwight Eisenhower adalah mantan presiden Amerika Serikat ke–34 yang sudah cukup lama pensiun. Konsep yang diusung dalam aplikasi ini adalah membagi setiap catatan dalam 4 jenis kolom – berdasarkan Important (kepentingan) dan Urgent (darurat). Nantinya faktor warna dan posisi yang dari setiap kolom matrix ini membuat pengguna lebih fokus dan mudah dalam memilih daftar pekerjaan yang harus dilakukan.

Cara Menggunakan Focus Matrix

Tampilan di atas adalah jendela aplikasi Focus Matrix di perangkat Mac ya. Untuk mulai mencatat, silahkan tekan ikon + di salah satu kolom matrix yang kamu butuhkan. Setelah itu tulis Title, Notes serta lengkapi dengna data Due Date alias waktu untuk mengerjakan catatan tersebut. Sebagai catatan, Focus Matrix dapat terintegrasi dengan aplikasi Be Focuses atau Calendar bawaan ya!

Nantinya jika pekerjaan tersebut sudah selesai, kamu dapat memberi tanda checklist di bagian kiri ya. Gunakan terus Focus Matrix dan intip grafik dari penggunaan aplikasi ini setelah beberapa hari. Coba lihat, ada berapa catatan penting dan dan darurat yang berhasil kamu selesaikan? Atau berapa banyak pekerjaan tambahan yang sebelumnya sering terlewat tapi sekarang bisa tuntas dengan cepat.


Baca Juga:


Fitur Tambahan dan Kemudahan Lain

Untuk membuat catatan kamu lebih rapi dan mudah dikelola, Focus Matrix punya mode drag and drop serta Tags untuk memudahkan pencarian. Sedangkan untuk melihat salah satu kolom matrix secara lebih leluasa, ada mode zoom in yang kamu gunakan ya.

Ingin membagikan catatan ke aplikasi lain? Gak masalah, gunakan saja fitur Share Extension! Caranya tinggal klik kanan di salah satu catatan lalu pilih Share. Bagikan ke Facebook, Mail atau Notes yang kamu gunakan dengan teman atau tim kerja misalnya.

Yuk Buruan Unduh Focus Matrix!

Bagi kamu yang punya banyak jadwal pekerjaan dan dapat dipisahkan berdasarkan skala prioritas dan darurat, Focus Matrix adalah jawaban paling tepat. Ditambah lagi dengan mode Tags, pencarian serta integrasi yang mudah ke aplikasi Calendar dan lainnya.

Editor : Bagus Hernawan

Latest