Follow Us

Tutorial Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.2 Tanpa Kehilangan Data

Bagus Hernawan - Senin, 18 Juli 2016 | 11:36
Tutorial Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.2 Tanpa Kehilangan Data

Apakah kamu sudah mencoba iOS 10 Beta? Baik untuk versi Developer Beta ataupun Public Beta dan sekarang ingin downgrade ke iOS 9 karena menemukan beberapa bug system yang mengganggu produktivitas? Di artikel ini tim MakeMac akan berbagi tutorial untuk downgrade ke iOS 9 tanpa kehilangan data di iPhone atau iPad. Yuk simak langsung informasinya!

Apa Itu Downgrade?

Secara sederhana downgrade adalah instal versi iOS sebelum versi yang kamu gunakan sekarang. Cara ini tidak bisa digunakan untuk iOS versi publik – misalkan iOS 9 ke iOS 8. Namun jika kamu pengguna iOS beta terbaru – iOS 10 untuk saat ini, Apple mengijinkan untuk downgrade ke iOS 9 versi paling baru untuk pengguna umum.

Untuk melakukan downgrade dan tidak kehilangan data di perangkat iOS (aplikasi, foto, pengaturan) pastikan kamu sudah melakukan backup terlebih dahulu di iTunes ya. Karena secara sederhana metode downgrade ini menggunakan tombol update yang tidak menghilangkan data.

Tutorial Downgrade iOS 10 Beta ke iOS 9.3.2

  1. Unduh IPSW atau file firmware dari iOS 9.3.2 (iOS 9 paling baru saat saya membuat tutorial ini) ke komputer. Saya biasa mengunduh lewat laman web ipsw.me. Simpan di Desktop atau lokasi lain yang mudah kamu akses.
  2. Hubungkan perangkat iOS ke komputer Mac dengan kabel data. Buka iTunes dan pastikan koneksi internet lancar dan stabil.
  3. Masuk ke View > Media Kind > App. Lalu tekan ikon iPhone.
  4. Tekan Check for Updates + tombol Option di keyboard komputer Mac (Shift untuk sistem operasi Windows) lalu cari IPSW yang sudah kamu unduh sebelumnya.
  5. Ikuti jendela informasi yang tampil hingga proses update selesai.
Untuk panduan secara visual, silahkan simak video dari EverythingApplePro berikut ini:

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca Juga:

Akhir Kata

Tim MakeMac sudah mencoba tutorial ini dan berhasil melakukan downgrade untuk iPhone 5s dari iOS 10 Public Beta ke iOS 9.3.2. Untuk menjamin kamu tidak salah mengunduh file IPSW, silahkan cek model number dari perangkat iPhone atau iPad kamu lalu intip daftar kodenya di laman iPhone Wiki ya!

Apakah kamu sudah melakukan tutorial di atas dan berhasil downgrade tanpa kehilangan data? Bagikan di kolom komentar ya!


Yuk Unduh Wallpaper iOS 10 dan macOS Sierra!

[source site_name = “YouTube” site_url = “https://www.youtube.com/watch?v=RrlLl0RhAyg”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest