Follow Us

Organisasi Ini Bikin Petisi Tolak Paten Apple Blokir Kamera iPhone di Konser

Andri Alfansyah - Jumat, 22 Juli 2016 | 16:10
Organisasi Ini Bikin Petisi Tolak Paten Apple Blokir Kamera iPhone di Konser

Masih ingat dengan paten baru Apple yang akan menonaktifkan fungsi kamera iPhone di acara pertunjukan seperti konser? Nah paten ini mendapatkan penolakan dari sebuah organisasi bernama Care2.

Seperti dilaporkan 9to5Mac, Care2 membuat petisi yang isinya meminta Apple untuk tidak menerapkan paten barunya tersebut yang mencegah pengguna mengambil foto atau video di lokasi-lokasi acara pertunjukan.

Meski demikian, petisi yang dilayangkan kelompok tersebut merinci soal potensi kejahatan yang mungkin terjadi sementara kamera iPhone tidak bisa digunakan untuk merekam peristiwa tersebut sebagai bukti.

Imagine: you’re walking down the street when you see police officers slamming a woman to the ground. They’re exhibiting a shocking use of force — one officers pushes her face into the ground. Another sticks his knee into her back. You become worried. You pull out your phone to record the incident — only to have your camera mysteriously shut off.

Paten baru itu sendiri seperti diketahui dibuat Apple supaya para pengunjung konser atau tempat pertunjukkan lainnya tidak merasa terganggu oleh kegiatan pengunjung lain yang mengambil foto atau merekam video.


Baca juga:


Dalam implementasinya, teknologi dalam paten tersebut bakal memblokir kamera iPhone dilakukan melalui emiter inframerah yang diletakan di dalam ruangan lokasi pertunjukan. Emiter inframerah itu bakal mendeteksi kamera iPhone untuk selanjutnya dinonaktifkan.

Bukan hanya Care2, sejumlah organisasi lain seperti ECLU dan EFF kabarnya keberatan dengan paten baru yang dimiliki Apple tersebut. Mereka menyebut teknologi dalam paten itu mengancam kebebasan untuk menyebarkan informasi.

Walaupun sudah mengantongi paten tersebut, tidak diketahui apakah Apple bakal mengimplementasikan teknologi pemblokiran kamera iPhone di konser tersebut dalam waktu dekat ini. Buat kamu yang tidak setuju dengan teknologi ini hadir di iPhone, kamu bisa ikut menandatangani petisi dengan masuk ke tautan ini.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “http://9to5mac.com/2016/07/21/apple-patent-disable-iphone-camera-petition/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest