Follow Us

iPhone di Jepang Siap Dukung Pembayaran Mobile dari Sony

Andri Alfansyah - Jumat, 26 Agustus 2016 | 10:18
iPhone di Jepang Siap Dukung Pembayaran Mobile dari Sony

Sementara Apple sudah menyediakan layanan pembayaran digital Apple Pay di iPhone dan perangkat lain besutannya, mereka dikabarkan tengah menyiapkan iPhone baru khusus buat para pengguna di Jepang yang bisa mendukung teknologi pembayaran mobile buatan Sony.

Sebagaimana dilaporkan Bloomberg, teknologi pembayaran yang dimaksud adalah FeliCa yaitu standar pembayaran digital yang memungkinkan pengguna bisa membayar tiket sistem transportasi massal via perangkat mobile miliknya.

The FeliCa chip will let customers in Japan store their public bus and train passes on their iPhones. Users would then be able to tap their phones against the entrance scanners instead of using physical cards. While the FeliCa chip is the standard technology underlying the service, there are several different providers of transit payment cards based on the type of transit and areas within Japan.

Di Jepang, FeliCa terkenal sebagai sistem pembayaran digital yang dominan dibandingkan dengan sistem pembayaran mobile lainnya. Tercatat ada sekitar 1,9 juta terminal mendukung teknologi buatan Sony tersebut.

Meski demikian, tidak hanya dengan Sony untuk menyematkan fitur yang mendukung FeliCa saja di iPhone nanti, tapi Apple kabarnya juga bakal bekerjasama dengan sistem pembayaran lain, seperti Suica dan Pasmo, di Negeri Sakura itu.


Baca juga:


Selain itu, Apple kabarnya juga dilaporkan tengah menjajaki kerjasama dengan salah satu lembaga pendidikan besar di Jepang untuk bisa mendukung transaksi e-money yang banyak digunakan di banyak gerai toko di sana.

Kehadiran iPhone baru yang mendukung sistem pembayaran mobile digunakan di Jepang diharapkan dapat meningkatkan pendapatan Apple dari Apple Pay yang diklaim tidak terlalu besar dibandingkan dengan layanan miliknya yang lain.

Apple sendiri bakal segera mengumumkan iPhone 7 September depan. Meski tidak ada konfirmasi, iPhone baru tersebut tampaknya bakal mendukung sistem pembayaran mobile dari Sony dan lainnya di Jepang. Ataupun bila tidak terjadi, Apple bakal memundurkannya di iPhone 8 generasi tahun depan.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/08/25/report-apple-planning-iphone-model-for-japan-with-support-for-felica-mobile-payment-standard/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest