Follow Us

Intel Siap Geser TSMC Jadi Pemasok Chip Prosesor iPhone di 2018

Andri Alfansyah - Senin, 29 Agustus 2016 | 13:45
Intel Siap Geser TSMC Jadi Pemasok Chip Prosesor iPhone di 2018

Menyusul rencananya untuk memproduksi chip prosesor mobile berbasis ARM, Intel dikabarkan siap menjadi penantang berat TSMC untuk menjadi pemasok utama chip prosesor buat iPhone dalam dua tahun mendatang.

Seperti dilansir Nikkei Asian Review, analis Samuel Wang dari firma riset Gartner mengatakan bahwa Intel telah menantang TSMC untuk menjadi pemasok chip prosesor buat iPhone secepatnya di tahun 2018.

Bahkan, Intel disebutkan sudah mulai menjajaki kerjasama dengan Apple yang merupakan salah satu pelanggan utama pabrikan chip prosesor iPhone yang berbasis di Taiwan tersebut.

“TSMC could face tough competition as soon as 2018 or 2019 as Intel is likely to gain orders from Apple by then,” Samuel Wang, a veteran semiconductor analyst at research company Gartner, told the Nikkei Asian Review. “Intel has begun to engage with Apple and it aims to grab one or two top-tier customers from TSMC.”

Langkah Intel untuk menggeser TSMC ataupun Samsung sebagai pemasok chip prosesor buat iPhone di 2018 mendatang tampaknya bakal lebih mudah dilakukan mengingat Intel dan Apple merupakan perusahaan asal AS.

Baca juga:

Sepeerti diketahui, Apple berasal dari Cupertino dan Intel dari Santa Clara, California. Sedangkan TSMC dan Samsung berasal dari Asia. Belum lagi Samsung notabene merupakan pesaing besar Apple sering terlibat dalam kasus pelanggaran hak paten teknologi.

Meski begitu, Apple disebutkan masih bakal memesan chip prosesor buat iPhone kepada TSMC untuk mengantisipasi kendala produksi jika hanya mengandalkan satu pabrikan saja. Oleh karena itu, kemungkinan mereka bakal membagi produksi kepada TSMC dan Intel.

[source site_name = “Nikkei Asian Review” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/AC/Intel-aims-to-challenge-TSMC-over-Apple-chip-orders-by-2018”][/source]

Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest