Follow Us

Apple Angkat Suara Terkait Isu Hutang Pajak di Irlandia

Andri Alfansyah - Rabu, 31 Agustus 2016 | 10:59
Apple Angkat Suara Terkait Isu Hutang Pajak di Irlandia

Apple mengeluarkan pernyataan resminya mengenai keputusan Komisi Eropa yang menyatakan perusahaan yang didirikan Steve Jobs (alm.) itu telah menerima bantuan pajak ilegal dari pemerintah Irlandia.

CEO Apple Tim Cook dalam surat terbukanya kepada publik mengatakan keputusan Komisi Eropa tidak mempunyai dasar hukum sama sekali untuk memaksa Apple membayar hutang pajak yang tidak dimilikinya.

The opinion issued on August 30th alleges that Ireland gave Apple a special deal on our taxes. This claim has no basis in fact or in law. We never asked for, nor did we receive, any special deals. We now find ourselves in the unusual position of being ordered to retroactively pay additional taxes to a government that says we don’t owe them any more than we’ve already paid.

Sebaliknya, Cook mengatakan hal itu bisa menimbulkan konsekuensi yang sangat berat bagi kelangsungan bisnis di Eropa. Dampak nyatanya bakal dirasakan dalam dunia investasi dan penciptaan lapangan kerja di sana.

Beyond the obvious targeting of Apple, the most profound and harmful effect of this ruling will be on investment and job creation in Europe. Using the Commission’s theory, every company in Ireland and across Europe is suddenly at risk of being subjected to taxes under laws that never existed.


Baca juga:


Oleh karena itu, Apple berencana untuk mengajukan banding terhadap keputusan Komisi Eropa tersebut ke pengadilan di Uni Eropa. Selain itu, mereka juga mendukung reformasi pajak internasional supaya obyektif dan transparan.

Cook menutup surat terbukanya dengan menegaskan kembali komitmen mereka untuk terus berinvestasi di Cork, Irlandia, dan melayani konsumennya yang ada di Eropa.

Pernyataan resmi Apple hadir menyusul keputusan Komisi Eropa kemarin. Mereka menyatakan bahwa Apple bersalah telah melakukan pengemplangan pajak secara ilegal sebesar sebesar €13 milyar atau sekitar $14,5 milyar dengan pemerintah Irlandia dari tahun 2003–2014.

[source site_name = “Apple” site_url = “http://www.apple.com/ie/customer-letter/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest