Follow Us

Halaman Sistem Berlangganan di App Store Tampilkan Wajah Baru

Bagus Hernawan - Selasa, 06 September 2016 | 10:49
Halaman Sistem Berlangganan di App Store Tampilkan Wajah Baru

Masih ingat penjelasan Phil Schiller tentang sistem berlangganan App Store yang lebih mendukung para pengembang? Nah mulai minggu ini kamu dapat melihat penjelasan lengkapnya di halaman Apple Developer yaitu bagian Offering Subscriptions. Penasaran? Yuk kita simak penjelasan lengkapnya!

Offer a seamless experience for digital subscriptions in your apps. In-app purchase APIs provide a simple, powerful way to implement subscriptions in apps on all Apple platforms and in all App Store categories.

Penjelasan Sistem Berlangganan

Bagi kamu yang belum tahu, sistem berlangganan di App Store menggunakan fitur in-app purchase ya. Yaitu pembelian yang menggunakan saldo dari iTunes Gift Card atau pembayaran dengan kartu kredit di akun Apple ID kamu. Sebelumnya Apple menggunakan sistem bagi hasil dengan angka 70:30 secara merata. Nah untuk sistem baru nanti, pengembang aplikasi yang bisa membuat para pelanggannya bertahan hingga 1 tahun, bagi hasil yang diberikan akan berubah menjadi 85:15.

Apple juga memberikan catatan menarik lainnya mengenai sistem berlangganan tersebut. Yaitu perhitungan waktu satu tahun akan tetap berlanjut saat pengguna mengganti jenis layanan berlangganan – upgrade atau downgrade misal. Bahkan bagi para pengguna yang berhenti berlangganan dan kembali lagi sebelum 60 hari, perhitungan masih tetap berlanjut.

Days of paid service continue to accumulate when users upgrade, downgrade, or crossgrade within a subscription group. Even if a user cancels and resubscribes within 60 days, they will still accumulate days of service from the point where they lapsed.

Harga Berlangganan Sesuai Saat Pertama

Apple memberikan sistem berlangganan dengan harga tetap untuk para pelanggan dari sebuah aplikasi. Dapat kamu lihat pada gambar di atas, jika pengembang A memberikan harga $1.99 di tahun 2015, naik menjadi $2.99 di tahun 2016 dan seterusnya. Maka kamu yang sudah berlangganan konten tersebut semenjak 2015, dapat terus memperoleh harga yang sama hingga 2016.


Baca Juga:

Pendapat Kamu?

Masih banyak lagi penjelasan untuk sistem berlangganan baru dari Apple yang berlaku untuk semua kategori aplikasi. Kamu dapat membaca secara lengkap di halaman sumber artikel ya! Saya pribadi penasaran, apa saja aplikasi yang akan beralih ke mode berlangganan dan berhasil mendapatkan keuntungan dari sistem bar dari Apple. Bagaimana dengan kamu?


Apple Pecahkan Rekor Pembayaran $50 Milyar ke Pengembang App Store

[source site_name = “Apple Developer” site_url = “https://developer.apple.com/app-store/subscriptions/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest