Follow Us

Apple Kerjasama Bareng Sony Bawa Apple Pay ke Jepang Tahun Depan

Andri Alfansyah - Rabu, 07 September 2016 | 15:56
Apple Kerjasama Bareng Sony Bawa Apple Pay ke Jepang Tahun Depan

Sesudah dikabarkan bakal membuat versi iPhone yang mendukung teknologi pembayaran mobile buatan Sony, FeliCa, beberapa waktu lalu, kini beredar informasi terkini soal rencana kehadiran Apple Pay di Jepang.

Apple, seperti dilansir Nikkei Asian Review, bakal mengekspansi Apple Pay ke Jepang mulai tahun depan. Untuk mengekspansi layanan pembayaran mobile populernya tersebut, mereka berencana menjalin kerjasama dengan Sony.

Jadi dengan hal ini, Apple Pay bakal mendukung teknologi pembayaran FeliCa buatan Sony yang dikenal sebagai sistem pembayaran digital paling populer di Negeri Matahari tersebut.

Banyak orang Jepang menggunakan FeliCa untuk membayar tiket sistem transportasi massal via perangkat mobile miliknya. Bisa dipastikan mulai tahun depan, mereka bisa menyimpan tiket angkutan umum di iPhone. Keuntungan lain dari kerjasama ini adalah orang asing juga bisa menggunakan Apple Pay untuk transaksi pembayaran di negara itu.

Users will also be able to store train tickets on their iPhones, letting them enter gates with a wave. Other proposed uses for the technology include integrating membership cards and replacing security key cards. Apple’s foray into Japanese smartphone payment services will promote broader adoption of compatible terminals at retailers and event venues. Foreign travelers may be able to use foreign iPhones to make payments as well.

Adapun alasan mengapa Apple membutuhkan waktu hingga tahun depan untuk meluncurkan Apple Pay yang mendukung FeliCa itu karena mereka dilaporkan masih perlu berunding dengan penyedia layanan dan juga peritel yang menggunakan mesin pembayarannya.

Selain itu, perundingan Apple dengan sejumlah lembaga pendidikan di Jepang mengenai besaran biaya penarikan juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Apple dilaporkan bakal meluncurkan Apple Pay tidak serentak, namun bakal secara bertahap di sana.

Bagi yang belum tahu, Apple Pay sudah tersedia di 9 negara, yaitu AS, Inggris, China, Australia, Kanada, Swiss, Hong Kong, Prancis, dan Singapura. Sayang Indonesia tampaknya masih belum akan kebagian untuk menikmatinya mengingat penetrasi kartu kredit di sini seperti diketahui cukup rendah.

[source site_name = “Nikkei Asiana Review” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/Companies/Apple-Pay-heads-to-Japan-with-help-from-Sony-s-contactless-tech”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest