Follow Us

7 Persiapan Penting Sebelum Update iOS 10 Versi Publik

Bagus Hernawan - Senin, 12 September 2016 | 21:05
7 Persiapan Penting Sebelum Update iOS 10 Versi Publik

Semenjak WWDC 2016, perhatian utama pengguna iOS adalah sistem operasi iOS 10 yang hadir dalam versi Developer Beta dan Public Beta. Minggu lalu sudah rilis iOS 10 GM alias Golden Master, versi penutup untuk kedua jenis Beta. Nah sebentar lagi, 13 September 2016 akan hadir iOS 10 untuk publik. Apa saja persiapan yang harus kamu lakukan? Yuk simak di artikel ini:

1. Apakah iPhone, iPad dan iPod Touch Kamu Mendukung iOS 10?

Persiapan pertama adalah mengecek, apakah perangkat iOS kamu masuk dalam daftar dukungan untuk iOS 10? Dapat kamu lihat pada gambar di atas, untuk iPhone dimulai dari iPhone 5 hingga iPhone 7 Plus tentu saja. Sedangkan iPad dimulai dari iPad Mini 2, iPad generasi 4, semua generasi iPad Air dan iPad Pro. Sedangkan untuk iPod Touch saat ini hanya iPod Touch generasi 6.

2. Backup, Wajib!

Hal wajib berikutnya yang harus kamu siapkan adalah melakukan backup. Ketika iOS 10 diluncurkan oleh Apple, jutaan pengguna perangakt iOS akan menuju pada server yang sama untuk melakukan update. Nah, bukan tidak mungkin terjadi hal yang tidak diinginkan seperti error atau gagal update. Hal ini bisa membuat kamu harus melakukan restore dan kehilangan data.

Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan? Nah untuk mengurangi faktor resiko kehilangan data, silahkan backup terlebih dahulu ya. Ada 2 jenis cara backup iOS yang diberikan oleh Apple – lewat iTunes di komputer atau backup ke akun iCloud. Penjelasan setiap bagiannya dapat kamu baca di laman Apple Support bagian backup iOS.

Cara backup lain yang dapat kamu tempuh adalah secara manual. Sebagai contoh amankan dokumen foto ke Dropbox atau akun cloud service lainnya. Pastikan juga semua dokumen dari aplikasi pihak ketiga yang kamu gunakan sudah terunggah ke masing-masing layanan yang dipilih ya.

3. Unduh IPSW untuk Restore Jika Diperlukan

Masih membahas kemungkinana gagal update karena server Apple yang sibuk. Ada baiknya kamu mengunduh firmware atau IPSW dari iOS 9 versi paling baru di komputer, untuk proses restore jika terjadi error. Dengan menyimpan file IPSW terlebih dahulu, kamu dapat mengatasi error yang mungkin terjadi secara lebih cepat dan mudah. Saya pribadi biasa mengunduh di ipsw.me dan pilih daftar perangkat iOS yang kamu gunakan lewat sistem di halaman tersebut. Jika kamu punya tautan lain yang bermanfaat, silahkan bagikan di kolom komentar ya.


Baca Juga:

4. Kosongkan Storage Sebanyak yang Kamu Bisa

Jika kamu lebih senang menggunakan cara OTA Updates, pastikan ada storage kosong yang mencukupi ya. Dari beberapa Sahabat MakeMac yang berbagi informasi ke akun @MakeMac, minimal storage kosong yang harus disiapkan adalah 4GB ketika mengunduh iOS 10 GM. Mungkin saja bisa berbeda di iOS 10 untuk publik nanti, tapi bisa saja sama.

Bagaimana cara tercepat mengosongkan storage di iPhone atau iPad? Tinggal buka Settings > General > Storage & iCloud Usage > Manage Storage lau tunggu loading selesai. Silahkan cek 5 aplikasi yang paling banyak memakan storage lalu hapus tapi jangan lupa backup. Namun jika diantaranya adalah aplikasi bawaan, kosongkan saja datanya.

Misalkan untuk Photos, backup ke komputer kamu atau unggah semuanya ke Dropbox atau cara lain yang kamu biasa lakukan. Sedangkan jika aplikasinya berupa games, tinggal hapus saja dan pastikan backup games berupa save data sudah terunggah di Games Center atau iCloud.

Halaman Selanjutnya

Baca Juga:
1 2

Editor : Bagus Hernawan

Latest