Follow Us

Apple Digugat Gara-Gara iPhone Upgrade Program

Andri Alfansyah - Selasa, 13 September 2016 | 12:33
Apple Digugat Gara-Gara iPhone Upgrade Program

iPhone Upgrade Program yang dibuat Apple bertujuan untuk memudahkan pengguna mengupgrade iPhone lama mereka ke iPhone paling baru dengan cicilan ringan mendapatkan gugatan hukum class action.

Sebagaimana dilaporkan 9to5Mac, seorang konsumen bernama Zac melayangkan gugatan class action ke pengadilan AS wilayah California Utara. Dia menuding Apple lebih memprioritaskan konsumen baru daripada konsumen yang sudah lama menjadi anggota iPhone Upgrade Program.

Zac menggugat Apple karena tidak puas dengan layanan iPhone Upgrade Program yang hanya mewajibkan pengguna membeli iPhone di gerai toko milik Apple sendiri, dan tidak bisa dibeli di toko online Apple atau toko pihak ketiga di AS, macam Best Buy

Tidak seperti konsumen biasa, anggota iPhone Upgrade Program disebutkan tidak mendapatkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di hari peluncurannya. Hal ini lantaran Apple menginformasikan kepada mereka untuk mengecek kembali ketersediaannya nanti di toko Apple.

Terlebih lagi, konsumen iPhone Upgrade Program akan kehilangan kesempatan untuk mengupgrade tahun depan jika tidak bisa mendapatkan iPhone baru pada hari peluncurannya. Sementara itu, mereka terus membayar cicilan per bulan.

While scores of customers signed up for the program and were ready to take advantage of the every-year upgrade with the release of the new iPhone 7 and 7 Plus on September 9, 2016, Apple had a different plan in mind. It allowed non-iPhone Upgrade Program customers to snap up the limited inventory of the new devices while telling countless iPhone Upgrade Program customers to “check back later.”

iPhone Upgrade Program customers are left waiting for new phones while they continue to make payments on their old phones. Even worse, their eligibility to get a new phone immediately upon release in 2017 or other future years without making extra payments will be limited by the terms of the program.


Baca juga:


Gugatan class action tersebut menuntut Apple dengan tiga hal. Pertama, mereka dituntut membayar ganti rugi untuk pembayaran tambahan yang dikeluarkan untuk mengupgrade ke iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tahun ini.

Kedua, anggota iPhone Upgrade Program berhak mendapatkan iPhone baru di hari peluncurannya tahun depan. Dan terakhir, iPhone tersedia untuk semua anggota iPhone Upgrade Program baik di toko maupun toko online milik Apple.

Hingga berita ini turun, belum ada keterangan resmi yang dirilis Apple mengenai gugatan clas action terhadap iPhone Upgrade Program. Kita tunggu saja perkembangannya.

iPhone Upgrade Program saat ini hanya tersedia di toko Apple yang ada di AS saja. Konsumen bisa mengikuti program ini dengan cicilan ringan mulai $32.41 per bulan buat iPhone 7 dan $37.41 per bulan buat iPhone 7 Plus selama 12 bulan.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/09/12/apple-iphone-upgrade-program-iphone-7-lawsuit/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest