Follow Us

Kemenkominfo Rencanakan iPhone Bisa Masuk Indonesia Lebih Cepat

Andri Alfansyah - Rabu, 14 September 2016 | 11:15
Kemenkominfo Rencanakan iPhone Bisa Masuk Indonesia Lebih Cepat

Kementerian Komunikasi dan Informatika pemerintah Indonesia mengumumkan rencananya untuk membuat proses uji lab sertifikasi iPhone lebih mudah supaya bisa masuk pasaran lebih cepat mulai tahun depan.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, seperti dikutip Detikinet, bakal meniadakan proses uji lab saat memberikan sertifikasi khususnya untuk ponsel-ponsel merek global, termasuk iPhone dari Apple, mulai tahun 2017.

“Proses uji lab bagi global brand nantinya ditiadakan terhadap global brand tertentu yang akan disepakati bersama. Kecuali untuk ponsel kelas KW yang diimpor,” kata menteri yang akrab disapa Chief RA itu kepada detikINET, Selasa (13/9/2016).

Rudiantara beralasan bahwa proses uji lab untuk mendapatkan sertifikasi tersebut tidak diperlukan karena selain menambah biaya, juga menghambat percepatan peredaran ponsel baru di pasar Indonesia.

Apple atau pabrikan ponsel lainnya disebutkan sudah lebih canggih dari balai uji yang dimiliki pemerintah Indonesia. Maka dari itu, Rudiantara menilai uji lab sertifikasi ponsel merek ternama perlu segera dihapuskan.


Baca juga:


Lainnya halnya dengan ponsel-ponsel yang diproduksi dalam negeri. Rudiantara menuturkan pemerintah akan melakukan uji teknis sebelum atau sesudah proses produksi. Sehinga konsumen bisa lebih cepat mendapatkan produk terbaru.

Sejumlah pabrikan ponsel besar kabarnya sudah memberikan tanggapan positifinya terkait rencana Kemenkominfo tersebut. Jadi diharapkan produk-produk Apple yang biasanya harus melewati proses uji sertifikasi yang dilakukan Postel bisa lebih cepat dipasarkan begitu diluncurkan mulai tahun depan.

Rencana Kemenkominfo menyusul iPhone 7 dan Apple Watch Series 2, dan AirPods sudah masuk balai pengujian Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Postel) dengan status PROSES DIBUAT SP3.

[source site_name = “Detikinet” site_url = “http://inet.detik.com/read/2016/09/13/174935/3297157/317/menkominfo-pangkas-birokrasi-iphone-dkk-bisa-hadir-lebih-cepat”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest