Follow Us

3 Cara Update iOS 10 dengan Aman dan Mudah di iPhone, iPad dan iPod Touch

Bagus Hernawan - Rabu, 14 September 2016 | 14:32
3 Cara Update iOS 10 dengan Aman dan Mudah di iPhone, iPad dan iPod Touch

Update iOS 10 akhirnya hadir bagi kamu pengguna umum yang memiliki perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch. Beragam fitur baru diberikan oleh Apple pada sistem operasi ini dan akan kita bahas di artikel terpisah.

Nah, bagaimana sih cara update iOS 10 yang benar, aman dan sesuai kebutuhan? Kali ini tim MakeMac akan membahas 3 cara update iOS 10 yang dapat kamu pilih ya. Yuk langsung simak!

1. OTA Updates

OTA adalah kepanjangan dari Over The Air alias langsung ke perangkat iOS. Kamu tidak perlu menghubungkan iPhone, iPad atau iPod Touch ke komputer untuk melakukan update dengan cara ini. Selain tidak repot, pengguna juga hanya perlu mengunduh file update yang lebih kecil jika dibandingkan proses update lainnya.

Silahkan masuk ke Settings – General – Software Update. Tunggu hingga informasi seperti gambar di atas tampil yaitu update iOS 10. Scroll ke bawah lalu tekan tombol Download and Install.

Sebaga catatan, ukuran dokumen yang diuduh lewat OTA Updates menyesuaikan jenis perangkat dan posisis iOS yang kamu gunakan sebelumnya. OTA Updates di iPhone 5s tentunya bisa lebih kecil dibandingkan dengan di iPad Pro misalnya karena faktor dokumen bawaan dari Apple yang berbeda.

Untuk menggunakan OTA Updates dengan lancar dan aman, pastikan perangkat iOS kamu memiliki 3 hal berikut:

  • Sudah melakukan backup data
  • Koneksi internet dari Wi-Fi yang kencang dan stabil
  • Storage kosong yang cukup
  • Baterai diatas 50% atau lakukan OTA Updates dalam posisi charging

2. Update dan Restore via iTunes

Cara alternatif berikutnya adalah menghubungkan perangkat iOS ke komputer yang biasa kamu gunakan dan sudah terinstal iTunes terbaru. Masuk ke ikon iPhone di bagian kiri atas layar dan kamu akan menemukan tampilan seperti gambar di atas. Setelah itu tinggal pilih Update atau Restore sesuai kebutuhan.

Update vs Restore

Apa sih perbedaan dari Update dan Restore? Pertama, Update adalah proses menaikkan iOS di perangkat iPhone atau iPad dari versi yang digunakan ke versi terbaru. Semua data, aplikasi, foto dan lainnya tidak akan hilang jika kamu sudah melakukan backup di iTunes atau iCloud.

Pengguna hanya perlu menekan tombol Update, membaca beberapa halaman persetujuan dan proses mengunduh firmware (IPSW) akan dilakukan oleh iTunes. Ukuran IPSW yang diunduh oleh iTunes pasti akan lebih besar jika dibandingkan proses OTA Updates. Karena dokumen yang diunduh mencakup semua file dari sistem operas iOS 10 yang dibutuhkan oleh sebuah perangkat.

Kedua, Restore adalah metode untuk menghapus semua data dan informasi di perangkat iOS, membuatnya hadir dalam sistem operasi terbaru. Untuk melakukan Restore, kamu harus mematikan pengaturan Find My iPhone sebagai permulaan. Pastikan juga kamu sudah melakukan Backup jika ingin kembali mendapatkan data yang nantinya akan hilang setelah Restore selesai.

Baca Juga:

3. Update dan Restore via iTunes, Unduh IPSW Terpisah

Sebetulnya langkah ini mirip dengan cara kedua, bedanya proses unduh IPSW dilakukan sendiri atau bisa dilakukan pada komputer lain. Kelebihan dari cara ini adalah mendapatkan file IPSW yang dapat kamu bagikan pada teman lain secara mudah jika ingin melakukan update dengan perangkat iOS yang sama jenisnya รขโ‚ฌโ€œ iPhone 6 misalnya

Editor : Bagus Hernawan

Latest