Follow Us

7 Masalah di iOS 10 dan Cara Memperbaiki

Bagus Hernawan - Kamis, 15 September 2016 | 14:10
7 Masalah di iOS 10 dan Cara Memperbaiki

Update iOS 10 untuk pengguna umum yang baru berumur beberapa hari, sudah menuai banyak kritik dari para pengguna. Di artikel ini tim MakeMac akan merangkumnya dan berbagi solusi yang kami dapatkan untuk beberapa masalah. Yuk langsung simak!

Gagal Update

Beberapa pengguna iPhone dan iPad yang melakukan update iOS 10 dengan cara OTA, kabarnya mengalami masalah yaitu nyangkut di Recovery Mode. Apple membenarkan bahwa masalah ini sempat terjadi di beberapa jam awal setelah iOS 10 resmi dirilis.

Bagaimana cara memperbaiki perangkat iOS yang mengalami masalah ini? Silahkan masuk ke Recovery Mode lalu lakukan Restore dari iTunes di komputer ya. Panduan lengkap untuk cara Restore bisa kamu intip di artikel 3 cara lengkap update iOS 10 di poin kedua atau ketiga.

Koneksi Bluetooth Bermasalah

Beberapa pengguna juga kabarnya mengeluhkan perangkat earphone atau speaker nirkabel yang tidak dapat pairing dengan iOS 10. Ada beberapa cara untuk membereskan masalah ini, silahkan coba langsung ya! Pertama, lakukan Force Restart pada perangkat iOS kamu.

Cara berikutnya adalah melakukan Forget this Device pada pengaturan Settings > Bluetooth lalu coba hubungkan ulang. Jika masih belum berhasil, silahkan lakukan Reset Network Settings sebagai cara terakhir.

Baterai Menjadi Boros

Keluhan berikutnya adalah seputar baterai yang dirasa berjalan lebih deras alias boros. Saran saya, tunggu dulu sampai beberapa hari menggunakan iOS 10 baru ambil keputusan mengenai baterai lebih boros atau tidak. Bisa saja memang aktivitas kamu sedang banyak, mencoba aplikasi baru sehingga terasa boros.

Beberapa tips lain untuk membuat baterai lebih hemat adalah update aplikasi di App Store agak mendukung iOS 10 dengan lebih baik, mengatur penggunaan Widget dan pembatasan Background App Refresh serta mengurani Brightness hingga level keterangan yang cukup. Jika masih merasa boros, silahkan Restore dan Set as New iPhone ya untuk mengecek apakah ada masalah di backup data yang kamu gunakan.

Touch ID Bermasalah

Apakah Touch ID di iPhone kamu menjadi kurang responsif pada iOS 10? Coba hapus dulu semua sidik jari yang sudah kamu daftarkan lalu buat daftar baru. Coba dulu dengan maksimal 2 jari yang didaftarkan dan amati lagi performanya. Apakah sudah lebih cepat? Tips tambahan, silahkan cek Home Button, bisa saja masalah kurang responsif terjadi karena pelindung layar yang kurang rapi dalam pemasangan atau ada kotoran lainnya.

iMessages Sering Macet

Masalah berikutnya adalah iMessages di iOS 10 yang sering sulit dibuka. Pengguna hanya akan melihat tampilan layar putih setelah masuk ke app Messages. Beberapa Sahabat MakeMac berhasil mengatasi masalah ini dengan cara Force Restart atau mematikan lalu nyalakan lagi pengaturan iMessages di Settings – Messages. Bagaimana dengan kamu, mengalami masalah serupa dan punya solusi lain?


Baca Juga:

Editor : Bagus Hernawan

Latest