Follow Us

Mengenal Fitur Raise to Wake di iOS 10

Bagus Hernawan - Senin, 19 September 2016 | 17:28
Mengenal Fitur Raise to Wake di  iOS 10

Update iOS 10 mengusung tampilan baru di beberapa bagian. Salah satunya yang paling banyak menjadi pembahasan adalah fitur Slide to Unlock yang dihapus dan kehadiran Raise to Wake. Apa sih Raise to Wake itu? Bagaimana cara menggunakan dan iPhone apa saja yang mendukung? Berikut ini penjelasan yang dapat kamu simak.

Mengenal Raise to Wake

Secara sederhana, Raise to Wake adalah fitur untuk membuat iPhone kamu “bangun” alias melihat tampilan di layar tanpa perlu menekan tombol apapun. Fitur ini akan mendeteksi perubahan posisi misal saat iPhone diletakkan di meja (layar padam), lalu kamu angkat dan mengarah ke wajah – layar otomatis menyala dalam posisi masih Lockscreen.

Terdengar sebagai hal yang baru? Tidak kok, Apple sudah menggunakan fitur serupa di Apple Watch. Beberapa merek smartwatch lain juga sudah mengusung teknologi serupa, tapi tidak dengan iOS. Baru di iOS 10 ini saja Apple membawa fitur Raise to Wake untuk memudahkan kamu melihat beragam notifikasi di layar secara cepat.

Perangkat iPhone Apa Saja yang Mendukung Raise to Wake?

Sayangnya tidak semua jenis iPhone yang mendukung iOS 10, juga dibekali dengan fitur Raise to Wake. Dalam catatan dan hasil percobaan yang dilakukan tim MakeMac, hanya iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE dan tentu saja iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mendukung Raise to Wake.

Kenapa sedikit sekali? Predikisi saya, Apple hanya memberikan Raise to Wake untuk perangkat iPhone dengan M9 motion coprocessor atau yang lebih baru. Daftar dukungan ini juga sama dengan perangkat iPhone yang mendukung fitur Hey Siri tanpa harus dalam kondisi charging.


Baca Juga:

Menggunakan Raise to Wake

Cara untuk menyalakan atau mematikan fitur ini sebetulnya sangat mudah. Tinggal masuk ke Settings – Display & Brightness – Raise to Wake ON atau OFF. Beberapa pembaca MakeMac yang menggunakan perangkat iPhone dengan dukungan Raise to Wake lebih suka mengaktifkan fitur ini, sedangkan sisanya lebih memilih untuk mematikan. Biasanya para pengguna perempuan yang suka menyimpan iPhone di dalam tas akan lebih memilih untuk mematikan fitur ini agar tidak tiba-tiba menyalakan layar di dalam tas.

Bagaimana dengan kamu? Apakah menggunakan iPhone yang sudah mendukung Raise to Wake dan memilih untuk mematikan fitur ini atau digunakan? Bagikan di kolom komentar ya!


Daftar Fitur di iOS 10 yang Tidak Tersedia di iPhone 5 dan iPhone 5c


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest