Follow Us

Polisi China Berhasil Gagalkan Penyelundupan 400 iPhone 7 dari Hong Kong

Andri Alfansyah - Selasa, 20 September 2016 | 17:34
Polisi China Berhasil Gagalkan Penyelundupan 400 iPhone 7 dari Hong Kong

Kepolisian wilayah Shenzhen, Tiongkok, dikabarkan berhasil menggagalkan aksi penyelundupan ratusan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus oleh puluhan penyelundup di hari pertama peluncuran resminya pada hari Jumat, pekan lalu.

Sebagaimana dilaporkan People’s Daily (via Shanghaiist), lebih dari 60 orang ditangkap kepolisian setelah ketahuan berusaha menyelundupkan sekitar 400 iPhone 7 dan iPhone 7 Plus di sepanjang perbatasan dari Hong Kong.

Penyelundupan iPhone baru Tiongkok dilakukan dengan cara menyembunyikannya di dalam baju. Tampak dalam foto, satu orangnya menyelundupkan dengan menempelkan beberapa iPhone 7 tidak hanya di badan, tapi juga kaos kakinya.

By 1 p.m. on Friday, the first smuggler of the season had been seized, carrying five smartphones on him. Later in the afternoon, a group of 10 smugglers were caught with 44 iPhone 7s strapped around their waist and ankles.

Nilai ratusan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus selundupan itu ditaksir mencapai 3 juta yuan atau hampir Rp 6 milyar. Pihak kepolisian setempat dilaporkan bakal melelangnya kepada publik dan uang hasil lelang bakal diserahkan kepada pemerintah.


Baca juga:


Penyelundupan iPhone bukan kali ini saja di Tiongkok. Penyelundupan iPhone dengan metode serupa pernah terjadi pada awal tahun 2015 lalu. Saat itu, pria asal Tiongkok ditangkap karena ketahuan nekat menyelundupkan hampir seratus unit iPhone yang disembunyikan di dalam pakaiannya dari Hongkong ke Tiongkok.

Banyaknya penyelundupan iPhone dari Hong Kong ke Tiongkok tidak lain karena perbedaan harga yang cukup signifikan. Di daratan Tiongkok, iPhone dibanderol lebih mahal. Apalagi, iPhone yang boleh masuk ke perbatasan hanya satu unit. Lebih dari itu mereka bakal dikenakan pajak hingga 15 persen.

[source site_name = “Shanghaiist” site_url = “http://shanghaiist.com/2016/09/19/iphone_7_smuggling.php”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest