Follow Us

Panduan Lengkap Menggunakan Siri di macOS Sierra

Bagus Hernawan - Rabu, 21 September 2016 | 16:48
Panduan Lengkap Menggunakan Siri di macOS Sierra

Siri sudah tersedia di komputer Mac! Ya kamu yang sudah menggunakan macOS Sierra dapat menikmati bantuan ekstra mudah dari personal assistant Siri. Tim MakeMac akan membahas Siri di macOS Sierra secara lengkap dalam artikel ini. Yuk simak!

Tampilan Siri for Mac

Ketika proses instalasi macOS Sierra, kamu akan mendapatkan tampilan seperti gambar di atas. Silahkan beri tandan checklist pada bagian Enable Siri for this Mac ya!

Berbeda dengan di iOS dan watchOS, kamu akan mendapatkan tampilan Siri di macOS Sierra pada bagian samping kanan layar. Tinggal panggil Siri untuk membantu kamu dengan pilihan cara berikut:

  1. Ikon Siri di Dock
  2. Ikon Siri di Menu bar bagian kanan atas layar, ataus
  3. Shortcut yang bisa kamu atur di System Preferences

Pengaturan untuk Siri

Masuk ke System Preferences – Siri ya! Ada beberapa pengaturan yang dapat kamu lakukan di halaman ini. Mulai dari Languange, Siri Voice, Voice Feedback, Mic Input dan Keyboard Shortcut.

Catatan menarik adalah Mic Input, kamu dapat memilih perangkat input audio tambahan yang digunakan seperti USB Mic, mikrofon pada earphone atau lainnya. Sedangkan Keyboard Shortcut berisi pilihan kombinasi tombol yang dapat kamu gunakan untuk memanggil Siri. Saya pribadi lebih menyukai kombinasi tombol Command + Space yang ditahan secara bersamaan.

Cara Menggunakan Siri di macOS Sierra

Sama dengan yang ada di iOS, watchOS dan tvOS – kamu tetap membutuhkan akses internet untuk menggunakan Siri. Perbedaan utama dari Siri di macOS Sierra yaitu tidak ada pengenalan suara secara personal seperti ‘Hey Siri’ di iPhone. Siapapun dapat memanggil Siri di Mac dan dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan.

Selain lewat suara, kamu juga dapat memberikan perbaikan input ke Siri dengan mengedit teks yang tampil ya. Arahkan kursor mouse ke bagian tersebut lalu edit input suara yang sudah diubah oleh Siri menjadi teks jika diperlukan.


Baca Juga:

Katalog Lengkap untuk Kemampuan Siri di macOS Sierra

Silahkan bertanya atau minta Siri untuk melakukan beragam kegiatan sederhana ya. Mulai dari mengecek cuaca, melakukan hitungan matematika atau beragam hal lainnya. Jika sudah terbiasa, kamu dapat menggunakan Siri untuk kemampuan lain yang lebih membantu dalam hal produktivitas.

Seperti mencari dokumen dengan sebuah nama di komputer Mac, foto dari internet dan melampirkannya ke email, memutar musik di Apple Music, mengirim pesan atau update status di Facebook serta beragam hal lainnya. Maksimalkan juga penggunaan fitur edit dari input suara yang sudah diubah menjadi teks oleh Siri dan pelan-pelan belajar pengucapan bahasa English dengan lebih pas.

Editor : Bagus Hernawan

Latest