Follow Us

Tutorial Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5 di iPhone, iPad dan iPod Touch

Bagus Hernawan - Kamis, 22 September 2016 | 12:37
Tutorial Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5 di iPhone, iPad dan iPod Touch

Update iOS 10 untuk pengguna umum sudah dirilis selama beberapa pekan ini. Masih merasa ada beberapa bug system yang mengganggu? Silahkan downgrade alias kembali ke iOS 9.3.5 selama jalurnya masih dibuka oleh Apple, jika memang dibutuhkan. Kita bahas secara lengkap cara downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5 di artikel ini.

Pengertian Downgrade

Downgrade adalah proses instal iOS ke versi sebelumnya dari versi yang sekarang kamu gunakan. Apple biasanya membuka 1 jalur IPSW di versi iOS sebelumnya, setelah mereka merilis iOS baru. Saat ini adalah iOS 9.3.5 dan iOS 10 sebagai versi terbaru. Nantinya jika Apple sudah menutup jalur iOS 9.3.5, kamu tidak dapat lagi melakukan downgrade.

Harap dicatat, proses downgrade ini menggunakan teknik Restore. Kamu akan kehilangan data yang ada di perangkat iOS. Data bisa kembali lagi jika kamu sudah melakukan Archive backup di iOS 9 via iTunes atau backup di iCloud.

Tutorial Downgrade iOS 10 ke iOS 9.3.5

  1. Unduh IPSW dari iOS 9.3.5 dari perangkat iOS yang kamu gunakan ke komputer. Saya biasa menggunakan katalog dari halaman ipsw.me. Simpan di Desktop atau tempat lain yang mudah kamu akses.
  2. Lakukan Recovery Mode pada perangkat iOS yang akan downgrade dari iOS 10 ke iOs 9.3.5. Caranya adalah mematikan perangkat iOS, tekan dan tahan tombol Home Button lalu hubungkan dengan komputer lewat kabel data lalu buka iTunes.
  3. Di tampilan iTunes yang menampilkan informas bahwa perangkat kamu ada dalam Recovery Mode, tekan tombol Option di keyboard + klik Restore lalu pilih IPSW yang sudah diunduh sebelumnya. Untuk pengguna Windows silahkan gunakan tombol Shift.
  4. Proses Restore akan berjalan dan setelah selesai kamu dapat menggunakan perangkat iPhone atau iPad di iOS 9.3.5.

Baca Juga:

Akhir Kata

Silahkan lakukan tutorial ini jika kamu benar-benar butuh downgrade ke iOS 9 dan punya waktu luang untuk mengunduh IPSW terlebih dahulu. Apple tidak memberikan informasi, sampai kapan jalur IPSW ke iOS 9.3.5 ini dibuka. Jadi silahkan cek dulu di laman ipsw.me dan pastikan ada tanda centang warna hijau di iOS 9.3.5 sebelum kamu melakukan downgrade.


3 Cara Update iOS 10 dengan Aman dan Mudah di iPhone, iPad dan iPod Touch


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest