Follow Us

(iOS 10) Apple Segera Bereskan Masalah Kelemahan Enkripsi di iTunes Backup

Bagus Hernawan - Senin, 26 September 2016 | 14:14
(iOS 10) Apple Segera Bereskan Masalah Kelemahan Enkripsi di iTunes Backup

Kabar buruk datang dari iOS 10, kali ini seputar keamanan dari backup yang kamu buat di iTunes pada komputer. Mode mencadangkan semua data yang ada di iPhone ke iTunes ini, kabarnya lebih rentan untuk dijebol meskipun sudah menggunakan fitur enkripsi.

Percobaan ini dilakukan oleh Elcomsoft, pakar riset keamanan data dari Rusia. Serangkaian tes dilakukan dengan Elcomsoft Phone Breaker untuk menguji keamanan di bagian tersebut. Kabarnya mereka berhasil menemukan celah keamanan di bagian mekanisme verifikasi password dan menggunakannya untuk mendapatkan informasi dari backup yang dibuat.

Untuk membayangkan percobaan yang dilakukan, tools yang digunakan Elcomsoft melakukan 6 juta percobaan memasukkan password secara acak setiap detiknya. Kemungkinan berhasil yang didapatkan adalah 80% atau lebih tinggi.


Baca Juga:

Apa Kata Apple?

Apple sendiri sudah mendapatkan informasi mengenai kelemahan ini dan kabarnya sedang menyiapkan Security Update. Hal ini disampaikan Apple lewat juru bicaranya kepada laman Forbes. Apple juga memberikan saran bagi pengguna yang melakukan backup di iTUnes untuk dapat menjaga password komputernya guna mengurangi kemungkinan peretasan dan mengakses data tersebut.

We’re aware of an issue that affects the encryption strength for backups of devices on iOS 10 when backing up to iTunes on the Mac or PC. We are addressing this issue in an upcoming security update. This does not affect iCloud backups

We recommend users ensure their Mac or PC are protected with strong passwords and can only be accessed by authorized users. Additional security is also available with FileVault whole disk encryption

Bagi kamu yang belum tahu, backup di iTunes akan memuat segala catatan yang ada di iPhone kamu. Mulai dari Keychain Access, foto atau data pribadi lainnya. Tentunya Apple wajib untuk segera menutup celah ini deh, semoga di iOS 10.0.3 atau update beta terlebih dahulu mungkin.


Apple Merilis iOS 10.0.2 dengan Perbaikan Headphone Audio Control

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/09/24/ios-10-itunes-backup-security-flaw/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest