Follow Us

Cara Mengembalikan Pengaturan Anywhere di Gatekeeper macOS Sierra

Bagus Hernawan - Senin, 03 Oktober 2016 | 18:37
Cara Mengembalikan Pengaturan Anywhere di Gatekeeper macOS Sierra

Halo MakeMac, saya baru melakukan clean instal macOS Sierra di komputer Mac dan kehilangan pengaturan Anywhere di Gatekeeper, apakah bisa kembali?

Pertanyaan sejenis sempat masuk beberapa kali di MakeMac. Bagi kamu yang belum tahu, Gatekeeper adalah salah satu proteksi dari Apple untuk proses instalasi aplikasi dari sumber yang terpercaya. Nah di macOS Sierra, hanya ada 2 pilihan Gatekeeper jika kamu melakukan clean install.

Yaitu di System Preferences – Security & Updates – General. Pada bagian Allow apps downloaded from: tidak ada opsi Anywhere. Bagaimana cara mendapatkan fitur ini kembali? Mudah! Yuk simak tutorialnya berikut ini.

Cara Mengembalikan Pengaturan ‘Anywhere’ di Gatekeeper macOS Sierra:

  1. Keluar dari aplikasi System Preferences.
  2. Buka Terminal dan ketik atau salin kode berikut ini: Â sudo spctl --master-disable
  3. Tekan Enter lalu masukkan password akun di komputer Mac.
  4. Buka System Preferences – Security & Updates – General lalu coba cek, apakah tombol Anywhere sudah kembali?
  5. Jika ingin kembali menghilangkan pengaturan Anywhere di Gatekeeper, gunakan perintah Terminal: Â sudo spctl --master-enable
Baca Juga:

Salah satu contoh penggunaan tombol Anywhere adalah menginstal aplikasi dari pengembang diluar App Store yang masih belum terdaftar, tools Jailbreak atau lainnya. Sebaiknya tetap biarkan ikon gembok di bagian pengaturan ini terkunci dan membutuhkan otorisasi dari kamu, jika akan mengganti pengaturan ke mode Anywhere saat diperlukan saja.

Thanks, Hendra!

[source site_name = “OS X Daily” site_url = “http://osxdaily.com/2016/09/27/allow-apps-from-anywhere-macos-gatekeeper/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest