Follow Us

Ini Alasan iPhone 7 dengan Modem LTE Qualcomm Lebih Baik dari Intel

Andri Alfansyah - Jumat, 21 Oktober 2016 | 11:09
Ini Alasan iPhone 7 dengan Modem LTE Qualcomm Lebih Baik dari Intel

Modem LTE dari Intel yang digunakan Apple di sebagian varian ponsel pintar generasi terbarunya, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, diklaim memiliki kecepatan performa yang tidak lebih baik dari modem LTE buatan Qualcomm.

Berdasarkan hasil serangkaian pengujian yang dilakukan Cellular Insight di berbagai jarak dari menara BTS (via Apple Insider, modem LTE dari Intel yang ada di varian iPhone 7 Plus memiliki performa hampir 30 persen di bawah modem LTE dari Qualcomm.

Menariknya, modem LTE dari Qualcomm disebutkan memiliki kecepatan unduhan yang lebih cepat dibandingkan dengan modem LTE dari Intel bahkan dalam keadaan sinyal yang buruk sekalipun.

Performa jaringan modem iPhone 7 Plus yang dilengkapi modem LTE dari Intel juga kalah cepat dari smartphone-smartphone lainnya, seperti iPhone 6s, LG G5, Google Nexus 5X, dan Samsung Galaxy S7 Edge yang meraih skor tertinggi.

Untuk memastikan hasil yang diraih modem LTE dari Intel di iPhone 7 Plus tidak cacat, Cellular Insights membeli unit yang kedua. Namun hasilnya dilaporkan tidak jauh berbeda.


Baca juga:


Bukan hanya tidak memiliki performa yang lebih baik, modem LTE dari Intel juga hanya mendukung satu jaringan GSM saja yang tidak memungkinkan pengguna untuk beralih ke jaringan CDMA.

Bandingkan dengan modem LTE dari Qualcomm yang mendukung tidak hanya jaringan GSM saja, tapi juga jaringan CDMA yang membuat pengguna bisa dengan mudah berpindah dari satu jaringan ke jaringan berbeda.

Apple sendiri kabarnya menggunakan dua model modem LTE dari Qualcomm dan Intel buat memenuhi permintaan konsumen terhadap iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Namun nyatanya, performa kedua modem LTE tersebut sangat berbeda.

Nah buat yang ingin memiliki iPhone 7 dengan performa jaringan yang lebih kencang, tentunya kamu harus memilih model yang sudah dilengkapi modem Qualcomm MDM9645M yaitu iPhone A1660 dan 1661. Sedangkan model iPhone A1778 dan A1784 dilengkapi modem LTE Intel XMM7360.

[source site_name = “Apple Insider” site_url = “http://appleinsider.com/articles/16/10/20/qualcomms-iphone-7-plus-modem-beats-intel-modem-in-areas-with-weak-signal”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest