Follow Us

Sejarah Baru, Pendapatan App Store di Tiongkok Kalahkan Amerika Serikat

Bagus Hernawan - Senin, 24 Oktober 2016 | 12:46
Sejarah Baru, Pendapatan App Store di Tiongkok Kalahkan Amerika Serikat

Di bulan April 2016 lalu, tim MakeMac sudah membagikan catatan mengenai App Store di Tiongkok berhasil melibas Jepang, membuatnya masuk jajaran nomer 2 terlaris di dunia. Kedudukan nomer 1 masih di pegang oleh Amerika Serikat dengan jarak cukup jauh. Namun sekarang, semua itu berubah. Ya, pendapatan di App Store regional Tiongkok sekarang masuk ke angka tertinggi di dunia, membuatnya jadi sejarah baru.

Dikutip dari laman App Annie, perusahaan penyedia data analitik, pendapatan untuk App Store di regional Tiongkok menembus angka $1.7 miliar. Hal ini membuatnya melibat App Store US hingga persentase 15% dan diprediksi akan trus unggul sampai 2020.

China also not only maintained its spot as #1 for Games (which it earned last quarter), it is now the largest market in the world for iOS App Store revenue, earning a record $1.7 billion.

Kategori apa saja yang mendominasi di App Store untuk negara dengan penduduk terbesar di dunia ini? Pertama adalah Games dan sisanya yaitu Entertainment dan Social Media. Untuk Entertainment, aplikasi video streaming menjadi penyumbang terbesar di sektor pendapatan karena kesuksesan integrasinya dengan Smart TV dan konten original.


Baca Juga:

Pok̩mon GO juga kabarnya menjadi salah satu games paling populer di Tiongkok dan berhasil mendongkrak catatan pendapatan. Ya, games yang satu ini memang menuai banyak sukses di negara besar karena animo pengguna saat pertama kali rilis Рmeskipun sekarang sudah cukup berkurang peminatnya. Sedangkan untuk aplikasi video streaming, nama iQIYI, Tencent Video dan Youku adalah beberapa nama yang populer.

Bagi kamu yang belum tahu, Apple terus menggenjot pasar di Tiongkok lewat beberapa cara. Mulai dari mendirikan banyak Apple Store, investasi untuk Didi Chuxing, mengadakan banyak kerjasama dengan pihak pemerintah serta yang paling baru adalah rencana membangun pusat riset di Zhongguancun Science Park, Beijing.

Kapan nih Apple masuk ke Indonesia dalam bentuk Apple Store atau kerjasama secara langsung dengan pemerintah dan para pengembang aplikasi? Semoga saja dalam waktu dekat ya.

[source site_name = “9to5mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/10/21/china-app-store-sales/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest