Follow Us

Peluncuran Apple Pay di Jepang Sempat Alami Gangguan

Andri Alfansyah - Rabu, 26 Oktober 2016 | 13:37
Peluncuran Apple Pay di Jepang Sempat Alami Gangguan

Layanan pembayaran Apple Pay akhirnya secara resmi menyambangi Jepang kemarin. Namun peluncurannya di Negeri Sakura tersebut dikabarkan sempat mengalami gangguan selama beberapa jam.

Seperti dilaporkan Bloomberg, layanan pembayaran mobile populer dari Apple yang mendukung sistem pembayaran FeliCa tersebut tiba-tiba tidak bisa digunakan di hari peluncurannya di Jepang sejak dibuka pada pukul 9 pagi waktu setempat.

East Japan Railway Co. said users are experiencing difficulties connecting to the Mobile Suica contactless payment system, after the rail operator servicing Tokyo metropolitan area began accepting Apple Pay today. The trouble started shortly after 9 a.m. in Tokyo.

Penyebab utamanya disebutkan karena banyaknya jumlah pengguna Mobile Suica yang melakukan transaksi pembayaran tiket kereta yang sudah mendukung Apple Pay tersebut. Sehingga ini membuat layanan tersebut sempat down beberapa jam.

Perusahaan kereta api setempat, East Japan Railway Co. untungnya dapat mengatasi gangguan tersebut beberapa jam kemudian. Meski demikian, gangguan itu memunculkan kekhawatiran di benak konsumen mengenai stabilitas sistemnya.


Baca juga:


Di sisi positif, gangguan yang menggangu layanan Apple Pay tersebut dinilai sebagai tanda bahwa layanan banyak konsumen antusias untuk menggunakan layanan pembayaran tersebut. Meski Apple tidak ada kaitannya dengan gangguan tersebut, namun di sisi lain gangguan tersebut membuat pengguna merasa khawatir soal penggunaan di masa mendatang.

Ketika dicek, sistem pembayaran Apple Pay di Jepang sudah kembali aktif. Dalam laman status layanan-layanannya, termasuk Apple Pay, menunjukkan tanda hijau yang berarti sudah aman dan bisa digunakan.

[source site_name = “Bloomberg” site_url = “https://www.bloomberg.com/news/articles/2016-10-25/apple-pay-japan-debut-hit-by-problems-as-rail-commuters-struggle”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest