Follow Us

(Video) Evolusi Desain Situs Apple.com Selama Dua Dekade

Andri Alfansyah - Rabu, 26 Oktober 2016 | 14:54
(Video) Evolusi Desain Situs Apple.com Selama Dua Dekade

Tidak terasa, laman situs Apple.com beberapa hari lalu sudah merayakan ulang tahunnya yang ke–20. Sejak dibuka kali pertama tahun 1996 silam, laman Apple dari tahun ke tahun mengalami banyak evolusi desain.

Kini laman Apple sudah berevolusi menjadi sangat modern namun tidak meninggalkan sentuhan sederhana yang merupakan bagian penting dari filosofi yang dianut pendirinya, Steve Jobs (alm.) yang kembali ke Apple di tahun 1997.

Pada awalnya, laman Apple merepresentasikan Apple sebagai perusahaan pembuat komputer Mac. Bisa kamu simak, dalam video, komputer Mac lama seperti iMac, iBook, Power Mac G4, MacBook Pro, dan lainnya, terlihat memiliki bodi sangat bongsor dan tebal.

Seiring berlalunya waktu, Apple menjelma sebagai perusahaan elektronik raksasa yang tidak hanya membuat komputer saja tapi juga melebarkan rangkaian produknya dengan membuat iPod, iPhone, dan iPad, dan Apple Watch.

Perubahan besar-besaran desain situs Apple terjadi saat dirilisnya iOS 7. Mengikuti desain dan tampilan antarmuka iOS versi ketujuh tersebut, laman Apple sudah tidak menggunakan desain antarmuka skeuomorphic, melainkan sudah datar dan lebih menarik dari sebelumnya.

Selain media untuk menampilkan produk-produk baru Apple, laman Apple selalu menampilkan hari peringatan dalam sejarahnya, seperti peringatan kematian Steve Jobs, peluncuran album The Beatles, dan banyak lainnya.

Nah bagaimana evolusi atau perubahan desain situs Apple selama dua dekade itu? Berikut kami hadirkan video timelapse singkat yang diunggah waxonaxon di YouTube (via 9to5Mac):

It’s been 20 years since Apple.com launched. And this video shows Apple.com in various stages of it’s evolution and development from 1996 to 2016.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.


Baca juga:


Sehari setelahnya, Apple juga pada tanggal 23 Oktober lalu memperingati hari kelahiran iPod yang ke–15. Pemutar musik dari Apple yang sudah terjual hingga 42 juta unit di 2015 ini kini sudah lama tidak mendapatkan update baru.

Hal tersebut mengindikasikan, Apple tidak lama lagi bakal membunuh perangkat ini mengingat mereka lebih memfokuskan pada perangkat iPhone yang memiliki banyak penggunanya.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/10/24/video-watch-this-3-minute-time-lapse-of-apple-com-homepages-from-1996-2016-a-visual-history-of-apples-incredible-growth/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest