Follow Us

Penuhi TKDN, Apple Berencana Bangun Pusat Inovasi di Indonesia

Andri Alfansyah - Kamis, 27 Oktober 2016 | 18:08
Penuhi TKDN, Apple Berencana Bangun Pusat Inovasi di Indonesia

Apple akhirnya melirik Indonesia sebagai negara berikutnya di mana mereka bakal mendirikan pusat inovasinya dalam kaitannya dengan rencana untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Rencana perusahaan pencipta iPhone tersebut disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Memperin), Airlangga Hartarto, dalam siaran persnya sebagaimana dilansir Berita Satu.

“Mereka sudah menyatakan komitmennya untuk membangun Innovation Center. Upaya mereka ini juga ada kaitannya dengan rencana produk Apple masuk ke Indonesia. Jadi nanti ada pengembangan software dan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” kata Airlangga sesuai dilansir oleh Beritasatu.

Tidak tanggung-tanggung, Apple disebutkan Airlangga Hartarto bakal membangun tidak hanya satu, tapi juga tiga pusat riset dan pembangan (R&D) teknologinya di tiga wilayah di Indonesia.

“Ini hal positif karena pembangunannya akan melibatkan tiga lokasi Research and Development (R&D) di Indonesia,” kata Airlangga dalam keterangan resminya di Jakarta.

Apple menilai Indonesia sebagai negara dengan potensi pasar yang sangat menjanjikan. Hal ini mengingat populasi penduduk dan juga pengguna telepon selulernya sangat masif, yaitu naik empat kali lipat menjadi 211 juta pengguna.

Pembangunan pusat inovasi Apple di Indonesia disebutkan sebagai bentuk kepatuhan Apple untuk memenuhi Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 65 tahun 2016 tentang Ketentuan dan Tata Cara Penghitungan Nilai TKDN Produk Telepon Seluler, Telepon Genggam (Handheld), dan komputer Tablet.

Aturan tersebut menjelaskan soal tiga skema penghitungan TKDN, yaitu pertama aspek manufaktur dikenakan bobot sebesar 70 persen, pengembangan 20 persen, dan aplikasi 10 persen.


Baca juga:


Aspek berikutnya, untuk produk tertentu pada aspek manufaktur dikenakan bobot 10 persen, pengembangan 20 persen, dan aplikasi 70 persen. Serta aspek terakhir, pemenuhan TKDN melalui komitmen dan realisasi investasi.

Airlangga Hartarto berharap bahwa pembangunan pusat inovasi Apple di Indonesia dapat memacu tingkat komponen lokal dan jumlah pengembang aplikasi di dalam negeri.

Sayang tidak ada keterangan lebih lanjut mengenai kapan tepatnya Apple bakal membangun pusat inovasinya di Indonesia. Namun semoga saja mereka bisa segera membangunnya, sehingga konsumen dapat segera mendapatkan produk-produk baru Apple, seperti iPhone 6s dan iPhone 7, yang hingga saat ini belum bisa resmi dijual di Tanah Air.

[source site_name = “Berita Satu” site_url = “http://www.beritasatu.com/ekonomi/395009-menperin-dukung-apple-bangun-pusat-inovasi-di-indonesia.html”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest