Follow Us

Revolusi MacBook Pro Terbaru: Fitur Touch Bar, Touch ID , Desain Ekstra Tipis dan Ringan

Bagus Hernawan - Jumat, 28 Oktober 2016 | 03:34
Revolusi MacBook Pro Terbaru: Fitur Touch Bar, Touch ID , Desain Ekstra Tipis dan Ringan

Apple akhirnya merilis MacBook Pro terbaru di acara Apple Event ‘Hello Again’. Komputer Mac generasi di tahun 2016 ini tampil dengan perubahan sangat besar setelah lebih dari 4 tahun. Beberapa hal menarik yang diberikan adalah hadir dalam warna Silver dan Space Grey, mengubah Function Key dengan Multi-Touch Display yang diberi nama Touch Bar, sensor keamanan Touch ID, bentuk yang lebih tipis dan ringan, layar teknologi baru dan beragam hal seru lainnya.

Yuk, kita bahas semuanya dalam beberapa uraian berikut ini:

Touch Bar Sebagai Pengganti Function Key

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Jika kamu belum tahu, deretan tombol dari Esc, F1 – F12 dan Power Button adalah Function Keys yang ada di keyboard MacBook Pro. Teknologi ini sudah berumur puluhan tahun dan Apple menganggap tidak banyak pengguna Mac yang masih membutuhkan tombol ini. Jadi, mereka memutuskan untuk mencabutnya dan mengganti dengan layar kecil dan panjang. Standar untuk resolusi di layar ini menggunakan teknologi Retina Display dan mendukung input beberapa jari sekaligus.

Menggunakan nama Touch Bar, layar ini dapat memberikan shortcut cepat untuk beragam fitur dari sebuah aplikasi yang kamu gunakan. Untuk aplikasi bawaan yang dijadikan contoh oleh Apple adalah Mail, Finder, Calendar, Numbers dan GarageBand. Sedangkan untuk aplikasi kelas profesional yang tampil dalam sesi demo di Apple Event adalah Final Cut Pro, Adobe Photoshop dan Djay Pro yaitu aplikasi di bidang musik.

Contoh secara lebih detail untuk Touch Bar adalah akses cepat untuk tombol Tabs dan Favorites di Safari, memilih sederetan Emoji di Messages serta slider di timeline video untuk iMovie atau Final Cut Pro. Bahkan saat kamu menggunakan Finder, deretan ikon digital di Touch Bar juga dapat dikustomisasi dengan menata urutannya secara bebas dan mudah!

Baca Juga:

Pertama Kali di Dunia, Komputer Mac dengan Touch ID

Masih di bagian Touch Bar, Apple juga memberikan sensor keamanan Touch ID di bagian ujung kanan. Perangkat keras ini menggunakan teknologi Touch ID generasi kedua yang ekstra cepat dan akurat dalam memindai sidik jari yang sudah kamu daftarkan. Bahkan dalam percobaan yang ditampilkan, Touch ID dapat digunakan untuk mode Fast User Switching alias berganti akun pengguna di komputer Mac jika kamu berbagi akses bersama orang lain dalam satu komputer.

Fitur lain yang tersedia di Touch ID adalah mode pembayaran dengan Apple Pay saat kamu berbelanja di website yang mendukung. Tentunya Touch ID juga dapat digunakan untuk memberikan keamanan tambahan di komputer Mac yaitu unlock. Semua teknologi Touch ID ini bisa berjalan dengan lancar berkat dukungan prosessor khusus yaitu Apple T1 Chip.

Ekstra Tipis dan Ringan

Jika selama ini MacBook Pro Retina Display sudah terasa sangat tipis untuk kamu, generasi baru ini tampil lebih ringan dan sangat tipis. Dalam catatan yang diberikan, MacBook Pro 13 inci generasi terbaru hanya memiliki ketebalan 14.9 mm – artinya 17% lebih tipis dari generasi sebelumnya dan 23% lebih ringan. Yaitu hanya 3 pounds atau sekitar 1.3 kilogram.

Sedangkan untuk MacBook Pro 15 inci terbaru, ketebalan yang dimiliki hanya 15.5mm, membuatnya 14% lebih tipis dan 20% lebih ringan dibanding MacBook Pro 15 inci generasi sebelumnya. Bagaimana dengan beratnya? Hanya 4 pounds alias 1,8 kilogram saja.

Editor : Bagus Hernawan

Latest