Follow Us

Mau Beli MacBook Pro Terbaru? Siapkan Budget Ekstra untuk Belanja Adapter

Bagus Hernawan - Jumat, 28 Oktober 2016 | 17:08
Mau Beli MacBook Pro Terbaru? Siapkan Budget Ekstra untuk Belanja Adapter

MacBook Pro terbaru hadir dengan peningkatan hardware yang cukup signifikan dan 2 fitur paling menarik yaitu Touc Bar dan Touch ID. Sedangkan untuk port input dan ouput, Apple hanya memberikan 4 bua Thunderbolt 3 dan sebuah jack audio. Jika kamu ingin menggunakan komputer ini untuk berbagai aktivitas, siapkan budget tambahan untuk membeli beberapa adapter. Apa saja adapter yang kamu butuhkan? Berikut ini beberapa diantaranya:

Adapter untuk MacBook Pro Terbaru

  1. USB-C to USB Adapter adalah nama pertama yang ada di bayangan saya. Ya, adapter ini berfungsi untuk menghubungkan MBP dengan konektos USB-C ke USB biasa untuk kegiatan mengambil data di Flash Drive atau melakukan sinkronisasi perangkat iOS ke iTunes.
  2. USB-C Digital AV Multiport Adapter tampil lebih lengkap dan tentu saja lebih mahal. Adapter ini punya 3 fungsi yang dapat dijankan secara bersamaan yaitu charging dengan kabel USB-C, terhubung ke monitor dengan HDMI dan Flash Drive.
  3. Butuh port LAN alias Ethernet? Siapkan lagi budget kamu untuk membeli Belkin USB-C to Gigabit Ethernet Adapter. Apple sendiri tidak membuat adapter ini dan memilih untuk memajang produk dari Belkin di Apple Online Store.
  4. Lanjut kepada kamu para penggemar fotografi yang menggunakan memori dengan tipe SD Card, sekarang port ini juga sudah lenyap di MBP terbaru. Kamu harus menggunakan fitur Wi-Fi transfer yang ada di kamera digital kamu atau jika tidak, gunakan aksesoris SanDisk Extreme Pro SD UHS-II Card USB-C Reader dengan harga $49.95. Bisa sih kamu menggunakan USB Card Reader biasa, tapi tetap saja kamu harus USB-C to USB adapter untuk melakukan hal ini.
  5. Thunderbot 3 to Thunderbolt 2. Bagi kamu yang belum tahu, Thunderbolt 2 menggunakan konektor Mini Display dan Thunderbolt 3 menggunakan konektor USB-C. Jika kamu sudah terlanjut menggunakan banyak perangkat dengan Thunderbolt 2 seperti Hard Drive ekternal, adapter Thunderbolt 3 (USB-C) to Thunderbolt 2 Adapter adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan akses port generasi sebelumya.
  6. Masih menggunakan layar eksterna atau proyektor dengan konektor VGA? Selamat ya, daftar belanjaan kamu kembali bertambah. Yaitu adapter Belkin USB-C to VGA Adapter yang dijual Apple dengan harga $39.95.

Baca Juga:

Bikin Simpel Atau Ribet?

Jika dijumlahkan semuanya, budget tambahan yang harus kamu keluarkan bisa lebih dari $250 hanya untuk membeli adapter saja. Ya, tentunya itu semua tidak bersifat wajib dan kembali lagi pada kebutuhan pengguna. Tapi setidaknya sebuah adapter tetap saja harus kamu beli, minimal untuk mendapatkan akses ke Flash Drive atau menghubungkan iPhone ke iTunes jika diperlukan. Gimana, mau beli adapter yang mana nih jika kamu punya sebuah MacBook Pro generasi terbaru?


Mencoba 13-inch Macbook Pro tanpa Touch Bar


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest