Follow Us

Apple Siap Adopsi Layar OLED buatan Sharp di iPhone 8

Andri Alfansyah - Senin, 31 Oktober 2016 | 10:25
Apple Siap Adopsi Layar OLED buatan Sharp di iPhone 8

iPhone generasi tahun depan yang bakal dinamakan iPhone 8 dikabarkan bakal mengadopsi teknologi layar Organic Light-Emitting Diode (OLED) yang lebih maju buatan Sharp, anak perusahaan Foxconn.

Rencana untuk mengadopsi layar jenis baru di iPhone tersebut dikonfirmasi oleh Presiden Sharp Tai Jeng-wu yang juga merupakan salah satu petinggi Foxconn, sebagaimana dilansir Nikkei Asian Review.

“The iPhone has been evolving and now it is switching from LTPS (low-temperature poly-silicon) to OLED panels,” Tai told students at Tatung University, his alma mater, during a ceremony in which he was awarded an honorary doctorate degree.

“We don’t know whether Apple’s OLED iPhones will be a hit, but if Apple doesn’t walk down this path and transform itself, there will be no innovation. It is a crisis but it is also an opportunity,” Tai said.

Keunggulan layar OLED dibandingkan layar LTPS yang sudah diusung iPhone menjadi alasan utama Apple untuk mulai mengadopsinya di iPhone generasi berikutnya. Layar OLED memiliki tingkat warna dan kecerahan yang lebih baik dari layar biasa. Saat ini, Apple mengadopsi layar OLED di Apple Watch.

Pengadopsian layar OLED sendiri sesuai dengan kabar yang menyebutkan bahwa Apple bakal meluncurkan iPhone 8 dengan desain dan fitur-fitur baru yang lebih canggih. Kabarnya, iPhone tersebut bakal mengusung desain kaca dan diabsenkannya Home Button.


Baca juga:


Menariknya, Sharp yang saat ini sudah mulai membangun fasilitas pabrik produksi layar OLED dalam laporan yang sama disebutkan bakal memproduksi layar OLED sebagiannya di AS jika memungkinkan.

“We are now building a new [OLED] facility in Japan. We can make [OLED panels] in the U.S. too,” he said. “If our key customer demands us to manufacture in the U.S., is it possible for us not to do so?”

Selain dari Sharp, Apple kabarnya juga bakal menggunakan layar OLED dari Samsung yang sudah sejak lama mengadopsinya di flagship smartphone-smartphone besutannya, termasuk Galaxy Note 7 yang bernasib malang.

Dan bukan cuma layar OLED, Apple dalam pemberitaan sebelumnya dirumorkan bakal meluncurkan tiga model iPhone 8 tahun depan. Salah satunya adalah model dengan layar 5 inci.

[source site_name = “Nikkei Asian Review” site_url = “http://asia.nikkei.com/Business/Companies/Sharp-President-confirms-new-iPhones-to-adopt-OLED-panels?page=1”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest