Follow Us

Facebook Berhenti Mengumpulkan Data dari Pengguna WhatsApp di Inggris

Bagus Hernawan - Selasa, 08 November 2016 | 18:01
Facebook Berhenti Mengumpulkan Data dari Pengguna WhatsApp di Inggris

Pastinya kamu sudah tahu bahwa WhatsApp mulai dari update beberapa versi sebelumnya, sudah mengumumkan bahwa mereka akan membagikan data pengguna ke Facebook, sebagai perusahaan utamanya. Hal ini menjadi perhatian sangat penting untuk pemerintah Inggris. Dikutip dari laman Engadget, kabarnya Facebook mulai menghentikan hal tersebut sesuai permintaan Information Commissioner’s Office (ICO) di Inggris.

Elizabeth Denham sebagai petinggi di ICO menjelaskan bahwa konsumen menjadi tidak mendapatkan perlindungan yang seharusnya. Mereka merasa bahwa Facebook tidak memberikan penjelasan secara cukup detail, mengenai rencana penggunaan data dari pengguna di WhatsApp.

I had concerns that consumers weren’t being properly protected, and it’s fair to say the enquiries my team have made haven’t changed that view.

Masih dari sumber yang sama, Elizabeth Denham juga kecewa dengan peraturan baru dari WhatsApp, yaitu seputar penghitungan waktu kesepakatan dari pengguna. Yaitu hanya sebatas 30 hari semenjak update Privacy and Policy tersebut diberikan. Jika lebih dari waktu tersebut, pengguna akan mendapatkan pengaturan yang tidak dapat berubah


Baca Juga:


Pihak ICO juga kembali menegaskan bahwa WhatsApp dan Facebook harus memberikan dokumen mengenai rencana penggunaan data yang dikumpulkan dari para penggunanya. Nantinya jika mereka tetap menggunakan data pengguna tanpa persetujuan yang valid, ICO bisa membawa kasus ini ke bagian hukum di negara Inggris.

Bagi kamu yang belum tahu, WhatsApp sudah dibeli Facebook sejak bebeapa tahun lalu dan belum mengalami perubahan berarti – apalagi di bagian monetisasi. Sebuah perubahan mengejutkan semua orang beberapa bulan lalu yaitu WhatsApp memberikan pengumuman bahwa mereka akan mengumpulkan data dari pengguna. Hal tersebut dilakukan untuk melihat track basic metrics berdasarkan kebiasaan kamu menggunakan WhatsApp misalnya. Di sisi baiknya, WhatsApp dapat menggunakan data ini untuk memerangi spam atua memberikan integrasi ke layanan lain yaitu Facebook dalam hal menampilkan iklan misalnnya.

WhatsApp juga telah berjanji bahwa chat dalam bentuk teks, gambar serta video yang kamu lakukan bersama teman atau keluarga, akan tetap aman dan tidak masuk dalam peruabahan aturan tersebut. Untuk keterangan lengkapnya silahkan baca di halaman WhatsApp Key Update ya!

Download WhatsApp Messenger ร‚ยท Harga: Gratis

[source site_name = “engadget” site_url = “https://www.engadget.com/2016/11/08/facebook-suspends-whatsapp-data-uk-ico/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Bagus Hernawan

Latest