Follow Us

Kabel USB-C Bawaan MacBook Pro Tidak Mendukung Target Disk Mode

Bagus Hernawan - Senin, 14 November 2016 | 13:58
Kabel USB-C Bawaan MacBook Pro Tidak Mendukung Target Disk Mode

Masih ingat dengan 2 artikel saya mengenai anggaran $250 untuk adapter di MacBook Pro 2016 dan Power Adapter yang bisa dibeli terpisah, ternyata tidak dilengkapi USB-C?

Kabar terbaru hadir lagi, masih seputar kabel dan juga budget tambahan.

Yaitu fitur Target Disk Mode yang tidak didukung oleh kabel charger USB-C dalam paket penjualan MacBook Pro. Hal ini diketahui oleh Paul Hadded, developer Tweetbot.

Berikut ini kutipannya:

Apple’s USB-C charger cable doesnt support target disk mode or am I doing something wrong?

— Paul Haddad (@tapbot_paul) November 10, 2016

Kenapa hal ini bisa terjadi? Dikutip dari halaman penjelasan di Apple Support, kabel USB-C untuk MacBook 12 inci dan MacBook Pro 2016 memang tidak mendukung Target Disk Mode.

Pengguna harus membeli kabel Thunderbolt 3 secara terpisah.

To enable target disk mode, hold down the T button on your keyboard while starting your MacBook. Then connect either of the USB-C cables described above. The USB-C Charge Cable (2m) supplied with your MacBook doesn’t support target disk mode.

Thunderbolt 3 vs USB-C

Thunderbolt adalah hardware interface yang dibuat oleh Intel sejak tahun 2011 untuk bersaing dengan USB 3.0 pada masa tersebut.

Di generasi pertama dan kedua, Thunderbolt menggunakan port Mini Display, sedangkan untuk generasi ketiga menggunakan port USB-C.

Editor : Bagus Hernawan

Latest