Follow Us

Review Logitech K380, Keyboard Bluetooth Multi Device dan Ringkas

Kuswanto - Kamis, 17 November 2016 | 20:14
Review Logitech K380, Keyboard Bluetooth Multi Device dan Ringkas

Apple Keyboard dengan koneksi bluetooth hanya dapat terhubung ke satu perangkat saja. Melihat kebutuhan ini, Logitech mempunyai keyboard K380 yang dapat terhubung ke 3 perangkat melalui konektivitas bluetooth yang dapat memenuhi pengguna multi gawai.

Fitur unggulan Keyboard K380 Logitech dapat terhubung bergantian ke tiga perangkat melalui Bluetooth. Biasanya perangkat yang menggunakan Bluetooth hanya dapat terhubung ke satu perangkat saja, harus di-reset terlebih dahulu apabila ingin dihubungkan ke perangkat lain. Pengguna dapat dengan mudah menghubungkan Keyboard K380 ke perangkat lain dengan menekan tombol F1, F2 atau F3.

Pertama kali saya melihat bentuk tombol Keyboard K380 yang bulat berpikir akan kurang nyaman ketika digunakan. Tapi ternyata, walaupun bentuknya bulat, ukurannya yang cukup besar membantu presisi mengetik tidak melakukan kesalahan. Dalam beberapa jam pertama penggunaan awal jari saya dapat beradaptasi dengan tombol bulat dan ukuran keyboard yang lebih kecil dibandingkan dengan keyboard Mac atau Apple Keyboard yang biasa saya pakai.

Keempukan tombol Keyboard K380 tidak seempuk Apple Keyboard terbaru yang menggunakan mekanisme butterfly, tapi terasa lebih nyaman dibandingkan dengan Apple Keyboard atau keyboard Macbook lama. Hanya tombol spasi yang terasa lebih keras dan terasa seperti keyboard Logitech murahan.

Keyboard K380 dapat mengenali fungsi khusus sesuai dengan perangkat yang terhubung. Tapi sebelumnya supaya tombol fungsi berjalan dengan baik di macOS, harus dipasang driver terlebih dahulu yang bisa Anda unduh dari website Logitech. Sedangkan pada iOS, tombol fungsi langsung berjalan tanpa masalah. Beberapa tombol tidak akan berjalan tanpa driver untuk macOS. Misalnya ketika terhubung ke iPad tombol F4 berfungsi sebagai tombol kembali ke Homescreen, ketika di Mac tombol tersebut tidak berfungsi yang seharusnya dapat digunakan untuk memanggil Launchpad. Mungkin saya seharusnya tidak menulis kalimat ini, tapi layak disebut untuk meyakinkan Anda bahwa tombol fungsi Keyboard K380 dapat berfungsi dengan baik mendukung fitur khusus pada perangkat Android. Menurut halaman web K380, K380 juga mendukung perangkat Apple TV generasi kedua dan ketiga, tentunya mendukung PC Windows dan juga Chrome OS, tapi untuk ketiga OS tersebut saya belum mengetesnya.

Pro tip: Bagi Anda yang memakai iPad, tahan tombol Command untuk memunculkan kumpulan daftar shortcut suatu aplikasi. Hanya berfungsi di aplikasi-aplikasi yang mendukung keyboard ekstenal.

Untuk sumber energi, Keyboard K380 menggunakan 2 baterai AAA รขโ‚ฌโ€ jenis baterai kecil yang biasanya digunakan pada remote TV. Logitech mengklaim masa penggunaan sampai 2 tahun, sayangnya saya tidak bisa konfirmasi data tersebut karena artikel tidak bisa menunggu 2 tahun. Keyboard K380 mempunyai tombol on/off yang dapat menghemat baterai dan menghindari menyala ketika dimasukkan ke dalam tas.

Keyboard K380 datang dengan dua warna biru dan hitam yang menarik. Harganya juga bisa dibilang terjangkau untuk sebuah perangkat yang mendukung koneksi multi gawai. Keyboard K380 sangat cocok bagi Anda yang sering berpergian dan menggunakan lebih dari satu perangkat.

Masih ada beberapa hal kekurangan Keyboard K380 yang bisa menjadi deal breaker bagi Anda. Bagi yang betah pakai Apple Keyboard yang mempunyai lampu indikator Capslock, K380 tidak mempunyai lampu indikator, siap-siap saja dengan teks Capslock. Kotak kardus K380 kurang ramah lingkungan karena sekali pakai, tidak bisa dipakai lagi. Bakal lebih baik apabila pihak Logitech membuat kardus yang bisa dimultifungsikan sebagai iPad stand. K380 juga tidak disediakan tas penyimpan, Anda harus merogoh kocek untuk membeli tas K380 yang terjual terpisah.

Keyboard K380 mempermudah saya ketika berganti perangkat dari Mac ke iPad Pro atau sebaliknya tanpa pusing-pusing harus menggunakan dua keyboard. Sesuai dengan kebutuhan saya akan suatu keyboard yang dapat terhubung ke iPad Pro dan Mac tanpa perlu repot pakai dua keyboard, karena MacBook Pro saya dalam keadaan Clamshell mode dan terhubung ke monitor eksternal.


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Kuswanto

Latest