Follow Us

Penjualan iPhone di Tiongkok Terancam Lumpuh Gara-Gara Donald Trump

Andri Alfansyah - Selasa, 15 November 2016 | 15:26
Penjualan iPhone di Tiongkok Terancam Lumpuh Gara-Gara Donald Trump

Pemberlakuan tarif sebesar 45 persen untuk produk-produk yang diimpor dari Tiongkok yang diwacanakan Presiden terpilih Amerika Serikat Donald Trump mendapatkan tanggapan dari pemerintah Tiongkok.

Melalui surat kabar miliknya Global Times (via Redmondpie), pemerintah Tiongkok memperingatkan bahwa perdagangan produk-produk impor dari AS, termasuk iPhone, bakal lumpuh jika Trump bersikeras memberlakukan tarif lebih mahal tersebut.

If Trump imposes a 45 percent tariff on Chinese imports, China-US trade will be paralyzed. China will take a tit-for-tat approach then. A batch of Boeing orders will be replaced by Airbus. US auto and iPhone sales in China will suffer a setback, and US soybean and maize imports will be halted. China can also limit the number of Chinese students studying in the US.

Terpilih menjadi Presiden AS pekan lalu, Trump pernah mengungkapkan dalam kampanyenya bahwa dirinya bakal memberlakukan tarif sebesar 45 persen untuk produk-produk yang diimpor dari Tiongkok. Dia beralasan, hal itu untuk membentuk kembali perekonomian AS.

Sebelum Trump terpilih menjadi Presiden AS, Presiden Barack Obama memberlakukan tarif impor sebesar 35 persen, Peningkatan tarif menjadi 45 persen oleh Trump jelas membuat Tiongkok tidak tinggal diam karena hal itu dipandang sebagai genderang perang terhadap perdagangan antar kedua negara.


Baca juga:


Dalam beberapa kampanyenya, Trump juga kerap membuat pernyataan kontroversial dan Apple tidak luput dari sasaran. Dia pernah mengatakan bakal memaksa Apple untuk mengalihkan produksinya dari Tiongkok ke AS.

Tidak hanya itu, Trump juga pernah mengancam bakal memboikot produk-produk Apple jika mereka tidak membantu pihak kepolisian membuka akses enkripsi di iPhone milik teroris di San Bernardino.

Rencana Trump untuk membebankan tarif impor lebih mahal di atas jelas bakal berdampak negatif bagi bisnis Apple di Tiongkok yang dianggapnya merupakan pasar paling besar kedua setelah AS. Meski demikian, tidak diketahui apakah Trump bakal mewujudkan rencananya tersebut.

[source site_name = “Redmondpie” site_url = “http://www.redmondpie.com/china-issues-first-warning-iphone-sales-will-suffer-if-trump-pursues-trade-war/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest