Follow Us

Poison Tap, Hardware Peretas Komputer Lewat Rasberry Pi Murahan

Bagus Hernawan - Kamis, 17 November 2016 | 14:13
Poison Tap, Hardware Peretas Komputer Lewat Rasberry Pi Murahan

Pakar jaringan dan keamanan komputer, Samy Kamar punya ‘mainan’ baru dari hasil penelitiannya untuk menguji keamanan komputer. Alat ini berupa kombinasi hardware dari Raspberry Pi seharga $5 dan program buatannya yang diberi nama Poison Tap. Samy menjelaskan dengan kombinasi hardware dan software ini, dia bisa menginstal backdoor di komputer kamu – bahkan dalam keadaan layar terkunci.

Poison Tap dimasukkan dalam micro SD Card di Raspberry Pi dan dihubungkan ke komputer lewat port USB. Jika tools peretas lainnya berupa aplikasi dan memancing pengguna untuk melakukan instalalsi, Poison Tap punya cara berbeda. Yaitu menyerang kelemahan di cache peramban (browser) yang kamu gunakan dan melewati beragam standar keamanan bahkan aplikasi anti-virus.


Baca Juga:


Ketika dihubungkan ke komputer, Poison Tap akan tampil layaknya aksesoris Ethernet to USB. Komputer secara otomatis mengirimkan traffic jaringan, proses peretasan dilakukan hingga komputer kamu akan menjadi korban alias mendapat kiriman ratusan kode program di peramban web. Tampilan akan berantakan, membuka beragam tab di peramban hingga proses kerja menjadi sangat lambat. Bahkan ketika perangkat ini dicabut, Poison Tap masih tetap dapat berjalan dan peretasnya mendapatkan akses pada komputer.

Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul.

Samy Kamar juga kabarnya sudah membagikan kode pogram dari Poison Tap untuk dapat digunakan siapa saja melalui websitenya. Tentunya dengan tujuan baik yaitu penelitian keamanan dan bukan melakukan aksi peretasan ya. Bagi kamu yang merasa was-was, ada 2 tips penting dari Samy. Pertama adalah selalu tingalkan komputer dalam posisi Sleed Mode dan gunakan tools enkripsi seperti FileVault di macOS atau jauhkan port USB kamu dari orang yang mencurigakan.

[source site_name = “Gizmodo” site_url = “http://gizmodo.com/this-5-device-can-takeover-a-computer-even-if-its-loc-1789062061”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : MakeMac

Latest