Follow Us

Apple Kuasai Laba Lebih dari 90% di Industri Ponsel di Kuartal 3 2016

Andri Alfansyah - Rabu, 23 November 2016 | 11:55
Apple Kuasai Laba Lebih dari 90% di Industri Ponsel di Kuartal 3 2016

Meski terus mengalami penurunan penjualan iPhone selama beberapa kuartal terakhir, Apple berhasil menjadi perusahaan yang mencatat rekor laba paling besar di dunia dalam industri telepon seluler.

Dalam data terbaru yang dirilis Strategy Analytics (via 9to5Mac), Apple menguasai lebih dari 90 persen keuntungan dari keuntungan penjualan smartphone secara global di kuartal ketiga 2016 yang mencapai AS$9,4 milyar.

Secara rinci, jumlah laba yang mampu diambil Apple mencapai AS$8,5 milyar (Rp 110,5 triliun) dari industri telepon bergerak selama triwulan ketiga 2016 yang dimulai dari bulan Juli-September lalu.

Direktur Strategy Analytics Linda Sui menyebutkan, kemampuan Apple dalam menaikkan harga dan menekan biaya produksi menjadi alasan mereka mendominasi raihan laba di industri ponsel.

“We estimate the global smartphone industry realized total operating profits of US$9.4 billion during Q3 2016. Apple dominated and captured a record 91 percent share of all smartphone profits worldwide. Apple’s ability to maximize pricing and minimize production cost is hugely impressive and the iPhone continues to generate monster profits.


Baca juga:


Menarik diketahui, Samsung yang merupakan pesaing terbesar Apple tidak masuk daftar vendor smartphone yang meraup untung menurut versi Strategy Analytics. Dalam data mereka, tercatat Huawei, Vivo, dan Oppo yang masuk daftar tersebut.

Huawei menjadi pabrikan smartphone Android di posisi kedua dengan laba mencapai 2,4 persen. Disusul di posisi ketiga dan empat ada Vivo dan Oppo yang masing-masing mengantongi laba 2,2 persen.

Laba yang dikantongi Apple dari penjualan iPhone di kuartal ketiga 2016 tentunya sangat mengesankan. Mereka menjadi satu-satunya vendor smartphone dengan laba paling besar dan para pesaingnya, seperti Samsung, HTC, atau LG, mengalami kerugian.

[source site_name = “9to5Mac” site_url = “https://9to5mac.com/2016/11/22/apple-smartphone-industry-profits/”][/source]


Akses juga MakeMac melalui MM Reader untuk iPhone

Editor : Andri Alfansyah

Latest